Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Trik Atasi Rasa Cemas

Trik Atasi Rasa Cemas

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa kunci hidup bahagia di dunia adalah menikmati hidup. Anda pun tidak perlu terlalu memusingkan masa depan atau masalah-masalah Anda. Ingatlah, kecemasan masa depan atau hal-hal yang belum terjadi tentu tidak baik bagi kehidupan Anda.

 

Namun, faktanya banyak di antara kita yang hidup dengan banyak kecemasan. Jadi, bagaimana cara kita untuk membantu memerangi perasaan-perasaan cemas dalam hidup ini? Mungkin tidak hanya diri sendiri, tetapi Anda juga bisa menanamkan beberapa cara pada anak-anak Anda untuk membantu mereka memerangi perasaan cemas yang mungkin juga mereka rasakan. Berikut beberapa kebiasaan sederhana dan sehat untuk kehidupan Anda dan Si Kecil, dilansir dari Huffington Post.

 

1.  Buatlah daftar kecemasan
Mintalah anak Anda membuat daftar semua kecemasan dan ketakutannya, baik hal kecil maupun hal besar. Anda pun bisa mencobanya. Mengenali dan menuliskan kecemasan disebut  bisa mengurangi emosi negatif yang berlebihan. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi kecemasan dan ketakutan Anda atau Si Kecil, dan menanganinya satu per satu.

 

2.  Cukup tidur
Pastikan Anda atau pun Si Kecil cukup tidur secara teratur. Beristirahatlah yang cukup, baik secara mental dan fisik dalam menghadapi stres sehari-hari. Untuk balita Anda, cukupi waktu tidurnya selama 11-13 jam sehari.

 

3.  Cukupi nutrisi yang baik
Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi. Penuhi pula kebutuhan nutrisi lainnya. Jauhkan anak-anak dari kafein dan minuman berenergi. Dua jenis minuman ini disinyalir memiliki efek adrenalin yang kuat dan menyebabkan orang merasa cemas.

 

4.  Olahraga
Kita tahu, olahraga dapat meningkatkan ketahanan tubuh, baik secara fisik maupun secara psikis. Anda juga bisa membiasakan Si Kecil berolahraga rutin setiap minggu. Anda dapat melakukan olahraga menyenangkan lainnya, seperti berenang, bermain basket, sepak bola, bersepeda, dan senam. Kegiatan-kegiatan yang meningkatkan denyut jantung dapat membantu Anda memerangi rasa kecemasan yang besar.

 

5.  Lakukan hal yang disukai
Lakukanlah aktivitas yang Anda sukai. Cobalah menikmati hidup. Begitu pula dengan anak-anak Anda. Biarkan mereka memilih aktivitas favorit mereka, seperti bermain game, menghabiskan waktu untuk membaca buku favorit, menonton acara televisi, atau berkeliling naik sepeda. Asal tidak berlebihan, hal ini memungkinkan mereka untuk memerangi rasa cemas dengan perasaan dan pikiran gembira. (Aulia/DMO/Dok. M&B)