Type Keyword(s) to Search
TODDLER

7 Manfaat Bermain Board Games untuk Anak Balita

7 Manfaat Bermain Board Games untuk Anak Balita

Bermain memang tak hanya menyenangkan buat anak, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil. Salah satu permainan seru untuk menghabiskan quality time bersama Si Kecil adalah board games, seperti ludo, monopoli, ular tangga, dan masih banyak lagi. Apa saja sih, manfaat board games untuk balita? Simak infonya berikut ini, Moms!

1. Anak tidak ketergantungan gadget


Ya, gadget memang bisa menjadi solusi mudah untuk menghilangkan rasa bosan anak. Namun kalau dibiarkan terlalu sering bermain gadget, bisa-bisa Si Kecil jadi kecanduan gadget, Moms! Untuk menghindarinya, Anda bisa mencoba mengalihkan rasa bosan anak ke board games dan aktivitas seru lainnya. Jauh lebih bermanfaat daripada bermain gadget kan, Moms?

2. Belajar sambil bermain

Bahkan board games yang paling sederhana pun akan memberikan kesempatan buat anak untuk belajar, seperti belajar berhitung, mengoptimalkan kemampuan mata dan tangan, juga belajar untuk antre menunggu giliran bermain.

3. Melatih membuat keputusan

Walau terlihat sederhana, otak anak akan sering digunakan saat ia bermain board games lho, Moms. Hal yang paling penting ia latih adalah belajar membuat keputusan dengan benar, sehingga anak bisa memenangkan permainan tanpa harus berbuat curang.

4. Belajar menerima kekalahan

Tak selamanya strategi yang anak jalani akan berhasil saat bermain board games. Ada kalanya ia kalah dalam bermain. Awalnya mungkin Si Kecil sangat sedih saat kalah bermain board games, namun lama-kelamaan ia bisa belajar menerima kekalahan. Bahkan, itu bisa membuat semangatnya untuk menang lebih berkobar lagi!

5. Memperkuat fokus

Tak fokus maka tak menang! Jika anak tidak fokus mendengarkan arahan Moms saat menjelaskan cara bermain, bisa-bisa ia kalah dan mengganggu pemain lain. Itulah sebabnya penting untuk memberikan jenis-jenis board games yang berbeda setiap bulan, agar anak bisa melatih fokusnya saat mengenali jenis permainan yang baru.

6. Membangun kemampuan berinteraksi

Bermain board games juga akan melatih anak untuk mampu berinteraksi dengan baik, tidak hanya dengan teman-teman seusianya, tetapi juga dengan orang yang lebih tua. Ini adalah dasar komunikasi yang sangat penting, yang akan ia terapkan hingga dewasa.

7. Melepas stres

Manfaat paling dasar dan paling penting dari bermain board games adalah membahagiakan Si Kecil dan menjauhkannya dari stres! Ya, melepas penat dengan board games adalah cara yang baik dan efektif. Karena kebahagiaan Si Kecil adalah hal yang sangat penting, setuju? (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)