Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Nutrisi Ibu Menyusui

Nutrisi Ibu Menyusui

Usai bersalin, Anda tidak serta-merta bebas untuk mengasup makanan. Selain untuk diri sendiri, Si Kecil yang 'bergantung' pada ASI membutuhkan nutrisi prima setiap saat. Oleh karenanya, di masa menyusui, seorang ibu harus memperhatikan pola dan menu makannya sehari-hari.

 

"Tantangan bagi kaum ibu memang tidak sederhana. Setelah hamil dan melahirkan bayi, ibu pun dituntut untuk bisa menyusui dan mengurus Si Kecil. Beragam masalah pun bisa timbul. Padahal seorang ibu juga ingin tampil langsing dan cantik, namun tetap sehat dengan cara-cara sederhana dan praktis," papar Vien Karina Valerie, nutrisionis dari SlimGourmet pada acara lunch talk M&B bertajuk "New Mom Beauty" hari ini (17/1), yang diadakan di Grand House of Ristra, Jakarta. Menurut Vien, ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan pasca-melahirkan, yaitu dengan melakukan diet bergizi seimbang, menyusui Si Kecil, olahraga, serta hal-hal lain, termasuk menjauhkan diri dari hal-hal negatif.

 

Berikut beberapa tip diet dengan gizi seimbang bagi ibu menyusui:

1.  Variasi.  Anda perlu memperhatikan variasi makanan dalam sehari. Jika perlu, buatlah daftar menu makanan yang akan dikonsumsi dalam tiap minggunya. Untuk esok hari, konsumsilah jenis makanan yang tidak Anda konsumsi hari ini. Kombinasikan jenis karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan juga air dengan baik.

2.  Selektif. Pilihlah makanan Anda agar kualitas ASI tetap terjaga. Jangan lupa, untuk mengonsumsi karbohidrat, seperti nasi sebagai sumber energi utama. Pilihlah jenis lemak 'baik', seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, ikan, dan sebagainya. Untuk menakar porsinya, ingatlah konsep piramida makanan!

3.  Air putih berkualitas. Cukupi kebutuhan air minum Anda setiap hari untuk menjaga hidrasi tubuh. Terlebih, komposisi ASI yang Anda hasilkan itu 88 persennya terdiri dari air.  Jadi, mengonsumsi air putih yang berkualitas selama menyusui sekitar 11 gelas sehari itu wajib, lho!

4.  Lupakan kalori. Anda tak perlu menghitung jumlah kalori yang Anda makan setiap hari selama masa menyusui ini. Jangan egois memikirkan berat badan Anda yang ingin cepat-cepat kembali ideal. Ingat, bayi Anda butuh nutrisi cukup, termasuk kalori yang cukup untuk energi bagi tumbuh-kembangnya. (Dian/Dok. M&B)