Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kesalahan Berpakaian yang Bikin Anda Tampak Lebih Tua

Kesalahan Berpakaian yang Bikin Anda Tampak Lebih Tua

Siapa yang ingin terlihat tua? Terlebih buat kaum wanita, Anda tentu ingin selalu berusaha tampak awet muda dibandingkan usia sebenarnya. Berbagai cara pun dilakukan untuk bisa terlihat muda, seperti perawatan kulit, merias wajah, dan memiliki gaya rambut seperti anak muda.

Sebenarnya, terlihat muda bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana lho, Moms. Mulailah dengan cara berpakaian yang tepat. Memang, cara berbusana kita bisa membuat penampilan tampak lebih muda atau bahkan lebih tua.

Namun, tanpa disadari, Anda mungkin kadang melakukan kesalahan dalam berpakaian yang bisa membuat Anda terlihat lebih tua daripada usia Anda sebenarnya, Moms. Tapi, apa saja sih, kesalahan dalam berpakaian yang bikin kita jadi tampak lebih tua? 


1. Terlalu banyak warna hitam atau gelap

Hitam memang warna yang paling universal. Meskipun begitu, tak ada orang yang mengatakan bahwa pakaian hitam atau berwarna gelap akan bisa membuat Anda terlihat lebih muda. Yang terjadi justru sebaliknya, Anda akan terlihat tua jika mengenakan atasan dan bawahan berwarna hitam hingga ke ujung kaki. Jadi, pilihlah pakaian yang berwarna cerah. Namun, jika Anda memang penyuka warna hitam, saat Anda mengenakan pakaian dengan warna ini, pakailah yang sederhana dan tambahkan aksesoris berwarna.


2. Pakaian yang terlalu besar dan longgar

Pakaian longgar memang nyaman dikenakan dan bisa berfungsi menutupi bagian tubuh yang dianggap kurang ideal, misalnya perut yang agak gemuk atau lengan maupun paha yang agak besar. Sayangnya, pakaian yang kebesaran atau terlalu longgar bisa bikin penampilan Anda terlihat lebih besar dan lebih tua, Moms. Untuk itu, lebih baik pilih pakaian yang lebih disesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Walaupun begitu, ada juga kondisi di mana mengenakan busana berukuran besar atau over size terlihat apik pada Anda. Nah, Anda bisa tiru referensi cara berbusana seperti ini, Moms.


3. Mengenakan dress hingga pergelangan kaki

Baju dengan panjang tepat di atas atau di pergelangan kaki dapat membuat Anda terkesan lebih tua, terlihat berantakan dan lebih lebar daripada ukuran Anda sebenarnya.


4. Busana dengan motif berlebihan

Gaun dan blus dengan motif bunga yang berlebihan akan membuat Anda akan terlihat old fashioned lho, Moms. Pilihlah motif yang simpel dan berwarna pastel untuk menambah kesan elegan.


5. Aksesoris besar dan berlebihan

Anda mungkin gemar memakai perhiasan dan aksesoris untuk mempercantik penampilan. Namun, menggunakan perhiasan dan aksesoris dengan ukuran yang besar dan tebal dapat membuat Anda justru terlihat lebih tua. Untuk saran, pakailah maksimal 2 aksesoris dengan seimbang ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)