Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Bolehkah Balita Mengonsumsi Makanan yang Dibakar?

Bolehkah Balita Mengonsumsi Makanan yang Dibakar?

Para ahli kesehatan memang sering menyarankan untuk tidak terlalu sering memberi anak makanan yang digoreng. Namun, bagaimana dengan makanan yang dibakar? Apakah balita boleh mengonsumsi makanan yang dibakar? Sedangkan seperti yang Moms ketahui, makanan yang dibakar bisa meningkatkan risiko kanker, karena hadirnya zat karsinogenik. Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, ketahui penjelasan berikut ini dan ikuti juga tipsnya ya, Moms.

Dibakar atau dipanggang?

Kedua cara memasak ini memang dikhawatirkan kurang baik untuk dikonsumsi, karena ada bagian yang gosong dan berbahaya buat kesehatan. Namun, faktanya anak balita boleh kok, menikmati makanan yang dibakar atau dipanggang, asalkan jika ada bagian yang gosong, bagian itu tidak ikut dimakan ya, Moms.

Jika ditanya, mana yang lebih baik, makanan yang dibakar atau yang dipanggang? Tentu saja jawabannya makanan yang dipanggang, karena umumnya ini adalah proses memasak di dalam oven dengan temperatur yang sudah ditentukan sebelumnya.

Makanan yang dipanggang biasanya tidak dimasak di atas bara api langsung seperti membakar sate, sehingga makanan bisa matang dengan lebih merata dan hanya sedikit bagian yang gosong. Ingat, anak sebaiknya diberikan makanan yang diolah hingga matang sempurna ya, Moms.

Baca juga: 5 Makanan untuk Penambah Berat Badan Anak

Tips membuat makanan yang dibakar

Karena anak sebaiknya selalu diberikan makanan yang matang sempurna, maka pastikan Moms melakukan langkah-langkah berikut ini ketika hendak menyajikan makanan yang dibakar atau dipanggang untuk anak.

1. Marinade

Ini adalah teknik merendam bahan makanan dengan air bumbu hingga meresap. Menurut Keecha Harris, profesor di School of Public Health di University of Alabama, AS, sekaligus juru bicara American Dietetic Association, proses marinade membantu melindungi daging dari area gosong penyebab kanker.

2. Tanpa lemak

Ketika lemak mencair dan menetes bebas di atas bara, letupan api bisa membuat masakan Anda gosong. Jadi makin sedikit lemak yang menempel di daging yang Anda masak, makin bebas gosong juga masakan Anda. Ini termasuk kulit ayam dan ikan ya, Moms.

3. Pakai spatula

Gunakan spatula atau pencapit makanan untuk membalikkan makanan yang Anda masak, jangan gunakan garpu, karena sari daging akan keluar dan mengalir ke bara. Kalau sari mengalir, bara akan makin besar dan meningkatkan risiko masakan gosong.

4. Potong kecil

Makin kecil daging yang dibakar atau dipanggang, makin cepat juga matangnya, sehingga akan makin kecil juga kemungkinan makanan gosong.

5. Coba buah dan sayur panggang

Berita baiknya, buah dan sayuran yang dipanggang tidak menghasilkan karsinogen yang sama dengan daging bakar. Dan aroma panggang pada buah dan sayuran tentu bisa menggoda Si Kecil makan lebih banyak. Namun, pastikan sisa-sisa gosong bekas dipanggang sudah Anda bersihkan ya, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)