Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Aktivitas untuk Meningkatkan Keterampilan Kognitif Bayi

5 Aktivitas untuk Meningkatkan Keterampilan Kognitif Bayi

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Nah, di tahun pertama kehidupan anak, perkembangan otaknya tumbuh dengan sangat pesat. Oleh karena itu, manfaatkan tahun pertama ini untuk melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan perkembangan kognitif pada bayi Anda, Moms.

Keterampilan kognitif sendiri merupakan kemampuan bayi untuk mengenal sebuah objek, menggunakan bahasa, dan mengingat. Kemampuan kognitif pada bayi sangat penting untuk mengasah kreativitas, cara berpikir, belajar, berkonsentrasi, dan berhubungan dengan lingkungan sekitarnya.

Keterampilan kognitif yang meliputi kemampuan dasar berpikir seperti memori, logika, dan konsentrasi, juga menjadi dasar yang krusial bagi otak Si Kecil. Kemampuan inilah yang akan digunakan Si Kecil untuk mengumpulkan dan mengolah informasi serta belajar dan mengingat.

Keterampilan kognitif pada anak bisa diasah sejak usia dini dengan cara memberikan stimulasi. Anda bisa mengajak Si Kecil melakukan aktivitas seru sambil melatih kecerdasan kognitifnya. Untuk menstimulasi kemampuan kognitif bayi, Anda bisa melakukan 5 kegiatan berikut ini, Moms.

1. Membacakan buku

Meskipun bayi Anda baru lahir, mulailah membiasakan untuk membacakannya buku bergambar. Si Kecil pasti akan senang melihat warna-warna cerah dan pola kontras sekaligus mendengarkan suara Anda. Jika dibiasakan, kegiatan ini akan membantu mendorong perkembangan kognitif pada bayi Anda.

2. Berikan mainan yang menghasilkan suara

Kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perkembangan kognitif bayi adalah menyediakan mainan yang menghasilkan suara yang berbeda, seperti mainan musik yang akan mengeluarkan suara saat disentuh. Bayi akan belajar bahwa memencet atau memukul mainan tertentu akan menghasilkan suara yang menyenangkan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Mainan untuk Bayi usia 5 Bulan

3. Bernyanyi

Nyanyikan bayi Anda sebuah lagu atau musik yang sesuai dengan usianya dan mudah diterima. Kegiatan ini dapat melatih bayi mengenal suara berirama dan bisa menjadi sarana bonding antara Anda dan Si Kecil, Moms.

4. Memasang cermin di dekat bayi

Tempatkan cermin yang tidak bisa dipecahkan pada tempat tidur atau meja di samping tempat tidur bayi Anda agar Si Kecil bisa melihat wajah dan gerakannya sendiri. Moms juga bisa menempatkan cermin besar yang menempel di dinding ruangan bermainnya, sehingga Si Kecil bisa melihat dirinya sendiri ketika sedang bermain. Biasanya, bayi akan senang melihat dirinya sendiri di cermin, meskipun sebenarnya ia belum paham bahwa yang dilihatnya di cermin adalah bayangannya sendiri.

Baca juga: Si Kecil Suka Bercermin? Ini 5 Manfaat Bercermin untuk Bayi

5. Berbicara dengan bayi

Libatkan bayi Anda dalam percakapan sejak dini meskipun Si Kecil belum mengerti sepenuhnya mengenai apa yang Anda bicarakan. Lakukan kontak mata dan tersenyumlah padanya saat Anda sedang berbicara dengannya. Si Kecil tentu akan senang mendengarkan Anda berbicara atau bercerita kepadanya, Moms.

Baca juga: 10 Cara Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Anak

(M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)