Type Keyword(s) to Search
BABY

Ini 5 Jenis Pakaian yang Diperlukan Bayi Baru Lahir

Ini 5 Jenis Pakaian yang Diperlukan Bayi Baru Lahir

Bagi para ibu baru atau calon ibu, Anda pasti sudah tak sabar ingin segera memenuhi lemari dengan berbagai jenis pakaian bayi. Kalau perlu, semua jenis, semua warna, dan semua ukuran Anda borong! Kami mengerti, pakaian bayi memang begitu menggemaskan, tapi faktanya bayi baru lahir enggak butuh banyak jenis pakaian lho, Moms.

Tak perlu memborong semuanya, karena jenis pakaian yang dibutuhkan bayi baru lahir (setidaknya di beberapa bulan pertama) sebenarnya tidak banyak. Mau tahu apa saja? Yuk, baca penjelasan lengkapnya berikut ini, Moms!

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Baju Baru Harus Dicuci Dulu Sebelum Dipakai

1. Jumpsuit

Ini adalah pakaian yang paling nyaman untuk bayi! Moms bisa pilih jumpsuit atau onesie tangan panjang untuk tidur agar selalu hangat, bisa juga jumpsuit tangan pendek untuk bermain di siang hari. Carilah jumpsuit dengan kancing di bagian depan agar lebih mudah saat dipakai dan dilepaskan. Dan yang terpenting, cari jumpsuit yang terbuat dari bahan katun yang nyaman untuk bayi ya, Moms.

2. Legging

Siapa yang tak gemas melihat bayi memakai legging! Celana ini nyaman, lembut, dan mudah melar, sehingga Moms tidak repot saat harus mengganti popok Si Kecil. Biasanya legging dipakaikan saat Moms mengajak bayi pergi ke luar rumah, karena Anda tidak perlu membuka semua pakaian Si Kecil (seperti saat memakai jumpsuit) saat harus mengganti popok.

3. Jaket

Anda bisa memberikan jaket, sweater, cardigan, atau jenis baju hangat lainnya, yang tebalnya tinggal disesuaikan dengan suhu dingin yang akan Si Kecil rasakan. Carilah baju hangat yang halus dan tidak banyak hiasan kecil, karena berpotensi terlepas dan bisa berisiko membuat bayi tersedak. Pilih yang ukurannya agak longgar ya, Moms, agar Si Kecil lebih nyaman dan Anda juga lebih mudah saat melepasnya.

4. Baju tidur

Bayi baru lahir bisa menghabiskan waktu hingga 16 jam per hari untuk tidur! Karena itu, beri Si Kecil pakaian tidur yang nyaman, tidak panas, tapi juga bisa menyerap keringat. Pilih model baju tidur yang mudah untuk dilepas, sehingga tidak merepotkan saat tiba waktunya mengganti popok.

Baca juga: 4 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Jamur di Baju

5. Sarung tangan dan kaus kaki

Jangan lupa lindungi Si Kecil dengan sarung tangan dan kaus kaki juga ya, Moms. Kedua benda ini akan menjaga Si Kecil tetap nyaman dan tidak kedinginan. Pilih bahan sarung tangan dan kaus kaki yang lembut dan tidak panas. Pastikan juga bagian karetnya tidak terlalu kencang di pergelangan tangan dan kaki bayi Anda, ya.

Lalu bagaimana dengan pakaian bayi lainnya? Jika yang Anda maksud adalah gaun pesta, rok tutu, jas formal, dan dasi, maka sudah pasti jawabannya tidak perlu karena bayi baru lahir tidak membutuhkan itu. Utamakan kenyamanan dan keamanan Si Kecil dalam berpakaian ya, Moms. Karena tampil keren pun tetap harus aman dan nyaman! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)