Type Keyword(s) to Search
BABY

Kentang untuk Menu MPASI dan Manfaatnya buat Bayi Anda

Kentang untuk Menu MPASI dan Manfaatnya buat Bayi Anda

Wah Si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan! Artinya, sudah saatnya Moms memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI untuk buah hati Anda.

Sebagai menu awal, Anda disarankan untuk memberikan makanan yang sudah dihaluskan atau makanan encer yang sudah disaring seperti puree. Lantas secara bertahap, Moms bisa mengubah tekstur makanan yang semula encer menjadi makin padat.

Baca juga: 12 Resep Puree Buah untuk Bayi 6 Bulan yang Lezat dan Mudah Dibuat

Satu hal yang penting, MPASI buat Si Kecil harus mengandung gizi yang seimbang sehingga bayi Anda bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta serat. Itulah alasan Anda perlu membuat menu MPASI yang bervariasi.

Banyak bahan yang bisa digunakan untuk makanan pendamping ASI buah hati Anda. Kentang adalah salah satunya. Yuk, kenali manfaat kentang buat MPASI Si Kecil, Moms!

Kandungan gizi kentang

Menurut US Food and Drug Administration (FDA), satu buah kentang berukuran sedang (148 gram) mengandung:

  • Kalori: 110 kkal
  • Potasium: 620 mg
  • Karbohidrat: 26 gram
  • Serat: 2 gram
  • Protein: 3 gram
  • Vitamin C: 19,7 mg
  • Vitamin A: 2 IU
  • Besi: 81 mg
  • Folat: 15 ug
  • Magnesium: 23 mg
  • Zinc: 30 mg.

Baca juga: Ini Manfaat Mengonsumsi Kentang untuk Ibu Hamil

Manfaat kentang untuk bayi

Selain punya nilai gizi yang cukup tinggi, kentang juga punya sederet manfaat lainnya, seperti:

1. Baik untuk pencernaan

Dalam kentang terdapat bakteri baik yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Selain itu, kentang memiliki kandungan gula alami yang turut berperan untuk menjaga agar tingkat keasaman dalam tubuh bayi jadi seimbang.

2. Mengurangi risiko infeksi

Beberapa jenis kentang yang dijual di pasaran mengandung anthocianin, yaitu zat kimia yang terbukti memiliki penangkal infeksi. Zat ini membantu melawan infeksi yang kerap dialami bayi, salah satunya influenza.

3. Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan organ vital dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai penawar racun, mengatur sirkulasi hormon, serta menjaga komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, serta zat esensial lainnya. Selain itu, hati juga berfungsi untuk memproduksi empedu yang membantu pencernaan lemak.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga fungsi hati anak sejak ia masih kecil. Nah, sebuah studi membuktikan bahwa kentang sangat baik dalam menjaga hati agar berfungsi dengan optimal. Manfaat kentang akan lebih terasa apabila dikonsumsi dengan kulitnya.

4. Menjaga kulit bayi

Berdasarkan situs Organic Facts, nutrisi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B6, potasium, magnesium, dan zinc, bisa bermanfaat dalam menjaga kulit Si Kecil tetap lembut. Vitamin C khususnya, punya fungsi penting sebagai antioksidan.

5. Tinggi antioksidan

Senyawa antioksidan lainnya dalam kentang adalah flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa tersebut berguna untuk menetralkan molekul berbahaya akibat radiasi bebas. Selain itu, risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes juga bisa diminimalisasi dengan mengonsumsi kentang.

Untuk menu MPASI, kentang bisa diolah dengan berbagai macam cara. Untuk perkenalan, Moms bisa mengukus kentang lalu menghaluskannya menjadi puree. Setelah kemampuan mengunyah Si Kecil bertambah, Anda bisa membuat variasi menu kentang lainnya dengan ditumbuk agak kasar atau dipanggang.

Jangan lupa memilih bentuk kentang yang baik untuk menu MPASI bayi Anda. Selain itu, Anda perlu mencuci kentang hingga bersih sebelum diolah menjadi MPASI buat Si Kecil ya, Moms. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)