Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Normalkah Gairah Seks Menurun Setelah Melahirkan?

Normalkah Gairah Seks Menurun Setelah Melahirkan?

Moms, apakah anda merasa gairah seks menurun setelah melahirkan? Sebagian besar dari Anda mungkin mengalami kondisi semacam ini. Memang, kondisi ini bisa dibilang bukan masalah besar. Namun, jika ini dibiarkan terlalu lama, masalah ini bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga, membuat hubungan terasa hambar, dan tidak menutup kemungkinan jika pertengkaran akan sering terjadi.

Perlu Moms ketahui, gairah seksual pada wanita memang sering naik turun secara alami dibandingkan pada pria. Lalu, yang kerap menjadi pertanyaan, apakah normal gairah seks menurun setelah melahirkan? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel di bawah ini ya, Moms!

Normalkah gairah seks menurun setelah melahirkan?

Gairah seks menurun setelah melahirkan itu terbilang normal kok, Moms. Menurunnya gairah seks setelah melahirkan bisa berlangsung lama, yakni hingga berbulan-bulan. Pada dasarnya, dokter menyarankan untuk tidak melakukan hubungan intim selama 6 minggu setelah melahirkan. Karena, setelah melahirkan tubuh Anda memerlukan waktu untuk pulih kembali.

Baca juga: Rekatkan Keintiman Suami Istri, Ini 10 Olahraga untuk Tingkatkan Gairah Seksual

Bagaimana bisa terjadi penurunan gairah seks setelah melahirkan?

Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi menurunnya gairah seksual, antara lain:

1. Tubuh Anda perlu waktu untuk pemulihan

Seperti diketahui, setelah melahirkan, tubuh Moms mengalami berbagai perubahan, termasuk perubahan hormon. Perubahan inilah yang dapat memengaruhi gairah seks. Selain itu, perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan juga dapat memengaruhi gairah seks ibu baru. 

2. Meningkatnya produksi hormon menyusui

Menyusui juga dapat memengaruhi produksi hormon yang menurunkan gairah seks ibu setelah melahirkan. Saat menyusui, produksi hormon prolaktin meningkat yang membuat ibu lebih banyak memproduksi ASI dibandingkan untuk melepaskan sel telur. Sementara itu, saat menyusui, hormon estrogen menurun sehingga memengaruhi produksi lendir pada vagina Anda. Kondisi ini mungkin saja dapat membuat Moms merasa tidak nyaman saat berhubungan intim karena vagina terasa kering.

Baca juga: 10 Cara Mengembalikan Keseimbangan Hormon Setelah Melahirkan

3. Kelelahan

Menurunnya gairah seksual pada Moms setelah melahirkan bisa disebabkan karena rasa lelah yang dirasakan saat merawat bayi baru lahir. Hal ini tentu saja dapat menguras tenaga dan emosi yang membuat kebanyakan Moms enggan melakukan hubungan seksual. Akan tetapi, setelah Anda melakukan hubungan seksual, biasanya hal tersebut akan bisa membuat Anda merasa lebih segar.

4. Anda takut bila hamil lagi

Sadar atau tidak sadar, ketakutan memiliki anak lagi setelah melahirkan bisa menjadi salah satu faktor Anda tidak ingin melakukan hubungan seksual. Setelah melahirkan, Moms tentu masih ingin fokus mengurus bayi yang baru dilahirkan. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)