Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekatkan Keintiman Suami Istri, Ini 10 Olahraga untuk Tingkatkan Gairah Seksual

Rekatkan Keintiman Suami Istri, Ini 10 Olahraga untuk Tingkatkan Gairah Seksual

Tak bisa dimungkiri, kehidupan seksual yang sehat bisa memengaruhi keintiman pasangan suami istri. Studi yang dimuat di Journal of Social and Personal Relationships menemukan bahwa hubungan seks berperan penting untuk menjaga keharmonisan pasangan dalam jangka panjang. Sayangnya, gairah seksual bisa berubah-ubah sehingga bisa menurunkan kualitas kehidupan seksual sebuah pasangan.

Perubahan hasrat seksual bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Hormon, usia, gaya hidup, dan medikasi tertentu merupakan sejumlah faktor utama yang memengaruhi hasrat seksual seseorang. Namun di sisi lain, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan gairah seksual, salah satunya adalah dengan berolahraga.

Lalu, olahraga seperti apa yang bisa membangkitkan hasrat seksual seseorang? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Kardio

Aktivitas apa pun yang bisa meningkatkan detak jantung dan ritme napas, seperti berjalan cepat dan bersepeda, bisa mendorong kelancaran peredaran darah, termasuk aliran darah di organ intim. Baik Moms dan Dads akan mendapatkan manfaatnya, contohnya ereksi yang lebih kuat pada laki-laki dan rangsangan yang terasa lebih nikmat pada perempuan.

2. Berenang

Mengutip WebMD, para peneliti asal Harvard menemukan bahwa perenang perempuan dan laki-laki di usia 60-an memiliki kehidupan seksual yang mirip dengan orang-orang berusia 20 tahun lebih muda. Pasalnya, berenang akan membangun daya tahan tubuh, mendorong kelancaran aliran darah, memperbaiki kelenturan dan kekuatan tubuh, serta menghilangkan stres. Berenang juga bisa membantu menurunkan berat badan, sehingga sangat berguna bagi pria obesitas yang mengalami disfungsi ereksi.

3. Latihan tubuh bagian inti 

Melatih otot bagian perut bisa membantu Moms dan Dads memiliki gairah seksual yang lebih baik. Pasalnya, tubuh bagian inti yang kuat dan lentur bisa mendukung Anda untuk beraktivitas apa pun, termasuk berhubungan seks.

4. Frog pose (pose kodok)

Berolahraga dengan pose kodok, di mana Anda berdiri dengan kedua kaki terbuka lebar dan ditekuk seperti kodok, akan membantu Anda lebih lentur saat berhubungan seks. Karena itu, momen intim bersama pasangan akan terasa lebih menyenangkan. Pose ini akan membuka pinggang, sehingga bisa membantu meregangkan otot paha dalam, kemaluan, dan pinggang. Selain itu, pose kodok bisa menghilangkan stres lho, Moms.

5. Hinge

Latih otot punggung dan kaki Anda dengan pose hinge, agar momen bercinta makin bergelora dengan eksplorasi posisi yang makin maksimal. Caranya, bersenderlah dengan satu atau dua tangan, lalu tarik tubuh hingga punggung membengkok dalam sudut 45 derajat. Moms bisa ulangi gerakan ini beberapa kali sehari. Gerakan ini memang tampak lembut, tapi bisa memupuk kekuatan besar buat punggung dan kaki Anda.

6. Senam Kegel

Meski dikembangkan untuk memperbaiki kesehatan kandung kemih, senam Kegel bisa membantu menguatkan otot pelvis Anda, sehingga akan meningkatkan kenikmatan seksual dan orgasme Anda. Meski lebih sering diarahkan untuk perempuan, senam Kegel juga bisa membantu mencegah ejakulasi dini pada pria.

7. Plank

Posisi plank adalah cara terbaik untuk menguatkan otot terdalam tubuh, termasuk otot lengan, paha, dan bokong. Otot-otot tubuh ini membantu menstabilkan tubuh Anda, sehingga momen bercinta bisa terasa makin menyenangkan. Moms bisa lakukan pose ini sehari sekali. Mulailah dengan durasi singkat hingga 60 detik atau lebih.

8. Cat/cow stretch

Pose yoga ini bisa mendukung kelenturan tulang belakang Anda, membantu memperbaiki ritme napas Anda, serta menajamkan fokus sehingga bisa mendorong Anda untuk bisa lebih mindful dan menikmati berbagai momen. Bertumpulah pada kedua tangan dan kedua lutut Anda, lalu ambil napas dalam ketika tubuh dalam posisi sapi (tubuh melengkung ke atas), dan buang napas ketika tubuh dalam posisi kucing (tubuh melengkung ke bawah).

9. Pelvic thrust

Baik posisi kesukaan Anda adalah missionary maupun cowgirl, gerakan olahraga ini adalah kunci kesuksesan momen bercinta Anda. Namun posisi ini bisa terasa sangat melelahkan jika tubuh Anda tak bugar. Karena itu, latih otot hamstring, bokong, dan betis Anda untuk membangun stamina dan kelenturan tubuh.

10. Olahraga bersama pasangan

Berolahraga bersama pasangan tak hanya romantis, tapi juga bermanfaat untuk membentuk dan melatih otot tubuh. Pasalnya, ada beberapa gerakan olahraga yang lebih baik dilakukan bersama, seperti jogging atau yoga. Selain itu, berolahraga bersama pasangan bisa membangun gejolak seksual. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)