Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Cara Mengembalikan Keseimbangan Hormon Setelah Melahirkan

10 Cara Mengembalikan Keseimbangan Hormon Setelah Melahirkan

Tubuh mempersiapkan "tempat" yang lebih nyaman untuk janin di dalam perut Anda agar bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Persiapan ini disponsori oleh hormon-hormon kehamilan, yang kemudian menyebabkan banyak perubahan terjadi pada tubuh bumil.

Apakah hormon-hormon ini akan langsung menghilang begitu saja sesaat setelah Si Kecil lahir? Tentu saja tidak, Moms. Butuh waktu untuk tubuh kembali ke kondisi normal dan menghilangkan hormon-hormon kehamilan.

Di fase peralihan tersebut bisa terjadi ketidakseimbangan hormon, di mana kadar hormon-hormon reproduksi wanita (seperti estrogen dan progesteron) sedang berubah. Mengutip MomJunction, ketidakseimbangan hormon bisa memicu baby blues atau bahkan depresi pascamelahirkan lho, Moms.

Baca juga: Baby Blues Setelah Melahirkan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mau tahu cara cepat dan tepat untuk mengembalikan keseimbangan hormon setelah hamil dan melahirkan? Yuk, ikuti langkah berikut ini, Moms!

1. Hindari makanan putih

Salah satu cara efektif untuk mengembalikan keseimbangan hormon usai melahirkan adalah menghindari makanan putih. Ini artinya Moms perlu menghindari atau mengurangi konsumsi nasi, roti, susu, pasta, dan makanan putih lainnya yang tinggi karbohidrat kompleks.

2. Olahraga

Olahraga ringan seperti jalan santai sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap aktif dan mengembalikan keseimbangan hormon. Aktivitas fisik ini membantu mengurangi stres dan ketegangan tubuh, sehingga hormon-hormon tubuh bisa seimbang lagi. Berjalan kaki juga bisa meningkatkan kadar energi Anda lho, Moms.

3. Konsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat sangat baik untuk menormalkan kadar estrogen tubuh setelah melahirkan. Makanan tinggi serat juga membantu mengeluarkan kelebihan estrogen dalam tubuh dan menjaga pencernaan tetap sehat. Penting nih, Moms!

4. Yoga

Ini adalah bentuk olah tubuh sekaligus meditasi yang baik untuk menyeimbangkan hormon. Kini sudah banyak yoga prenatal dan yoga postpartum yang bisa Anda ikuti, tentunya setelah mendapat lampu hijau dari dokter. Yoga membantu meredakan stres, cemas, dan kelelahan agar keseimbangan hormon cepat kembali.

5. Hindari makanan berlemak

Moms harus tahu kalau makanan tinggi lemak bisa meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, lho. Menurut MomJunction, hindari minyak sayur yang dipercaya bisa memengaruhi kadar estrogen. Sebagai gantinya, lebih baik konsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3.

6. Vitamin D

Cobalah penuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin D. Kebutuhan vitamin ini bisa dipenuhi dengan rutin berjemur di pagi hari, mengonsumsi makanan tinggi vitamin D, atau mengonsumsi suplemen vitamin D yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Ini semua membantu menyeimbangkan hormon sesudah melahirkan.

7. Akupunktur

Inilah cara mudah dan aman untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Terapi khas China ini menggunakan jarum khusus yang baik untuk menyeimbangkan hormon usai melahirkan. Agar lebih aman, lakukan akupunktur dengan dokter spesialis akupunktur atau profesional yang sangat pakar di bidangnya.

8. Hindari pil KB

Tubuh Anda butuh waktu untuk bisa kembali normal dan meluruhkan hormon-hormon kehamilan. Anda disarankan untuk menghindari pil KB langsung setelah melahirkan, karena bisa memicu ketidakseimbangan hormon, juga perubahan fisik dan psikis.

9. Hindari produk kedelai

Sudah bukan rahasia lagi, produk kedelai (seperti tempe, tahu, susu kedelai) memiliki zat yang mirip dengan estrogen dan menekan fungsi tiroid. Maka, agar lebih aman, lebih baik hindari atau kurangi dulu produk berbahan dasar kedelai ya, Moms.

10. Makan kuning telur

Selain enak, kuning telur juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin A, vitamin D, dan selenium. Semua itu baik untuk membantu tubuh menyeimbangkan hormon sesudah melahirkan. Moms juga bisa mengonsumsi hati sapi yang kaya vitamin A agar hormon tubuh kembali seimbang. Jangan lupa penuhi kebutuhan harian Anda akan air putih. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)