Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

7 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari karena punya efek yang baik bagi tubuh, salah satu minuman yang bisa membangkitkan semangat positif di dalam tubuh seseorang. Kandungan kafein di dalam kopi dianggap mampu membuat tubuh tetap segar dan menghilangkan kantuk.

Baca juga: Selain Kopi, Ini 7 Makanan yang Bisa Bikin Anti Ngantuk!

Tak jarang, kopi menjadi minuman wajib di pagi hari buat Moms dan Dads sebelum beraktivitas. Namun, ternyata kafein yang terkandung di dalam kopi bisa berbahaya lho, Moms! Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

Batasan normal kafein yang bisa diterima oleh tubuh orang dewasa yang sehat hanya 400 miligram sehari, sementara remaja hanya 100 miligram. Tak hanya dalam kopi, kafein juga bisa ditemukan pada teh hitam, minuman bersoda, cokelat, dan lainnya.

Maka, jika dalam sehari Anda mengonsumsi kafein di atas batas normal yang dianjurkan, Anda akan mengalami overdosis kafein yang bisa sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini 7 tanda bahwa Anda kelebihan atau overdosis kafein.

1. Sakit kepala

Jika Moms tiba-tiba mengalami sakit kepala setelah minum kopi atau teh, bisa jadi Anda mengalami overdosis kafein. Hal ini dikarenakan asupan kafein di atas batas normal akan meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan sakit kepala. Tak hanya itu, sakit kepala juga bisa terjadi jika Anda menghentikan rutinitas minum kopi.

2. Jantung berdebar

Moms, kafein merupakan zat yang menstimulasi sistem saraf pusat yang bisa memengaruhi tekanan darah. Jika kafein masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan, maka tekanan darah akan meningkat dan ini juga bakal memengaruhi jantung. Denyut jantung menjadi tidak teratur karena jantung bekerja lebih keras oleh asupan kafein yang berlebih. Bahkan untuk beberapa kasus, sistem kardiovaskular yang tidak berjalan normal karena kelebihan kafein bisa menyebabkan kematian.

3. Sulit tidur

Jika setelah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein Anda merasa kesulitan tidur, bisa jadi Anda kelebihan kafein di dalam tubuh. Tak hanya sulit tidur, Anda juga merasa mudah terbangun ketika tidur. Hati-hati, jumlah kafein yang berlebih dapat mengurangi kualitas tidur Anda.

Baca juga: Sering Minum Kopi Hitam Tanpa Gula? Yuk, Ketahui 10 Manfaatnya!

4. Merasa lemas menjelang sore hari

Mengonsumsi kafein memang bisa membuat energi kita meningkat. Namun, jika Anda mengonsumsi kafein secara berlebihan, hal tersebut dapat menimbulkan rasa lelah menjelang sore hari. Jadi, kondisi energi tubuh Anda bisa turun drastis serta Anda akan mudah merasa lemas dan mengantuk.

5. Mual dan muntah

Kafein bisa merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel perut yang masuk ke dalam tubuh dan meningkatkan kadar asam lambung. Peningkatan asam lambung inilah yang menimbulkan rasa mual, mulas, dan ingin muntah. Bahkan untuk beberapa kasus yang parah, konsumsi kafein berlebihan akan menimbulkan diare yang sangat berbahaya buat tubuh.

6. Merasa cemas

Sensasi awal yang ditimbulkan saat minum minuman berkafein adalah meningkatkan rasa kewaspadaan. Namun, jika berlebihan, kafein bisa bertindak sebagai stimulan yang memicu kelenjar adrenal untuk mengeluarkan lebih banyak hormon stres, seperti adrenalin, dan meningkatkan denyut jantung. Jika Anda berlebihan mengonsumsi kafein, kewaspadaan yang berlebihan justru berbalik menjadi kegelisahan dan kecemasan.

7. Diare

Kopi bisa memperlancar pencernaan karena di dalamnya ada zat pencahar. Kopi memiliki asam yang bisa meningkatkan produksi empedu. Enzim dari empedu inilah yang kemudian membuat keinginan buang air besar meningkat hingga memicu datangnya diare. Jadi, jika dikonsumsi berlebihan, kopi bisa menyebabkan diare. Hati-hati ya, Moms! (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)