Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Selain Kopi, Ini 7 Makanan yang Bisa Bikin Anti Ngantuk!

Selain Kopi, Ini 7 Makanan yang Bisa Bikin Anti Ngantuk!

Rasa kantuk memang wajar menyerang di malam hari sebagai tanda untuk Anda mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Namun, bila di siang atau sore hari Anda sudah mengantuk, tentu saja menyebalkan ya, Moms. Mengantuk di momen yang tidak seharusnya malah membuat hari kita bisa jadi tidak produktif.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Kantuk Berlebihan saat Sedang Beraktivitas

Bila Moms sering mengalami kondisi tersebut, mungkin Anda perlu memperhatikan kembali makanan dan minuman yang Anda konsumsi beberapa jam sebelumnya. Ya, Moms, apa yang Anda konsumsi bisa menyebabkan kantuk. Namun, adakah makanan atau minuman yang bisa mencegah saat kantuk menyerang?

Dirangkum dari beberapa sumber, ada sejumlah makanan atau minuman yang bisa mencegah kantuk dan membantu mengoptimalkan produktivitas kita. Yuk, simak daftarnya berikut ini, Moms!

1. Cokelat hitam

Cokelat, khususnya cokelat hitam, adalah salah satu makanan antingantuk yang baik. Makin pekat dan hitam cokelat, maka makin banyak pula kandungan kafeinnya. Mengonsumsi cokelat hitam juga bisa meningkatkan konsentrasi Anda, menurunkan hormon stres dalam tubuh, serta meningkatkan energi tubuh secara keseluruhan.

Ini karena cokelat hitam kaya polifenol yang berguna untuk menurunkan stres dan kafein sebagai stimulan tubuh agar terus aktif. Melansir Health, satu atau dua potong cokelat hitam mengandung seperempat kafein dari secangkir kopi.

2. Teh hijau

Melansir Sleep, memilih teh hijau daripada kopi adalah pilihan yang tepat bila Anda ingin terhindar dari kantuk. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung lebih sedikit kafein, sehingga Anda tidak terlalu lelah setelah efek kafein habis. Selain itu, teh hijau juga kaya zat antioksidan, sehingga mampu membantu mencegah inflamasi berlebihan dalam tubuh saat Anda sedang aktif-aktifnya.

3. Pisang

Mengonsumsi buah-buahan bisa membantu Anda terus segar, karena buah-buahan mengandung gula sehat sebagai sumber energi bagi tubuh dan berbagai vitamin yang membantu tubuh tetap segar, terutama pisang. Menurut sebuah studi yang dimuat di jurnal PLOS ONE, pisang mampu mendorong energi dan kemampuan Anda lebih baik dibandingkan minuman berenergi (energy drinks).

4. Daging

Mengonsumsi makanan yang terlalu berat, atau yang kaya serat, lemak, dan protein, bisa membuat tubuh jadi aktif lebih lama. Hal ini dikarenakan tubuh butuh upaya dan waktu lebih banyak untuk mencerna makanan tersebut. Daging merupakan salah satu contoh makanan "berat" yang tepat. Daging sapi adalah pilihan daging yang tepat untuk menunda rasa kantuk Anda.

5. Keju

Keju, khususnya keju Swiss, cheddar, blue cheese, dan parmesan, adalah makanan yang kaya lemak sehingga akan lebih sulit untuk dicerna tubuh. Selain itu, keju termasuk makanan fermentasi yang mengandung zat bernama tyramine. Tyramine merupakan asam amino yang dikenal mampu menstimulasi otak untuk terus beraktivitas, sehingga bisa mencegah rasa kantuk yang menyerang kita.

6. Salmon

Salmon adalah salah satu ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Omega-3 merupakan zat yang bisa dicerna dan diubah tubuh menjadi energi dan membangun otot. Selain itu, salmon juga kaya protein sehingga bisa membantu mencegah kantuk.

7. Edamame

Bila Anda memerlukan dukungan energi super besar untuk menuntaskan segala macam tugas yang diberikan kepada Anda, maka Anda bisa mengonsumsi edamame sebagai kudapan. Menurut Organic Authority, edamame adalah makanan yang kaya serat, folat, dan protein sehingga mampu mendukung tubuh untuk terus berenergi. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)