Type Keyword(s) to Search

Kenapa Perut Tetap Buncit Setelah Melahirkan?

Kenapa Perut Tetap Buncit Setelah Melahirkan?

Ketika hamil, akan terjadi perubahan yang signifikan pada tubuh Anda Moms, salah satunya yang terlihat sangat jelas adalah perut yang terus membesar seiring bertambahnya usia kandungan hingga akhirnya buah hati Anda lahir nanti.

Mungkin bukan hanya Anda, banyak juga Moms yang berharap, usai melahirkan Si Kecil, perut akan kembali ke dalam bentuk normalnya dalam waktu sekejap. Namun, ternyata ekspektasi itu tidak benar-benar terjadi sepenuhnya, karena banyak ibu yang masih memiliki perut yang besar setelah proses melahirkan.

Dalam istilah medis, kondisi perut buncit setelah melahirkan dikenal dengan istilah post baby bumps. Kondisi ini secara umum memang tidak akan berpengaruh langsung terhadap kesehatan Anda, namun mungkin saja perut buncit bisa berdampak pada penampilan dan mengurangi rasa percaya diri Anda ya, Moms.

Butuh waktu untuk kembali ke bentuk semula

Moms, kondisi perut yang tetap besar usai melahirkan layaknya ketika masih mengandung, sebenarnya termasuk hal yang normal. Kondisi perut Anda memang tak akan mengecil secara otomatis setelah melahirkan. Tubuh kita, terutama pada bagian perut, memerlukan waktu untuk kembali ke bentuk semula.

Selama hamil, Anda akan mengalami peningkatan berat badan. Hal ini berguna untuk mendukung kebutuhan dan tumbuh kembang janin di dalam perut. Berat badan yang naik saat hamil pun terjadi karena penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu, penumpukan cairan, dan janin yang terus tumbuh seiring bertambahnya usia kehamilan Anda.

Tubuh, terutama perut, memang memerlukan waktu untuk pulih seutuhnya dari kehamilan. Bayangkan, perut Anda seperti balon yang perlahan-lahan membesar seiring dengan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Persalinan tidak serta merta memecahkan balon itu, namun hanya sedikit membuatnya bocor. Akan tetapi, jangan khawatir karena lama-kelamaan perut Anda akan kembali mengecil, kok.

Proses pengembalian bentuk tubuh secara normal ini biasanya berlangsung selama 6-8 minggu setelah melahirkan atau bahkan bisa memakan waktu lebih lama dari itu. Hal tersebut tergantung pada gen setiap orang, karena setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda. Selain hal tersebut, beberapa ahli mengatakan bahwa menyusui usai melahirkan dapat membantu proses pengembalian bentuk tubuh sang ibu.

Proses pengembalian tubuh tersebut juga akan mengurangi ukuran lingkar tubuh Anda. Perut Anda mungkin pula masih menggelembung karena ada cairan yang masih tertinggal di dalamnya dan akan segera dikeluarkan. Seluruh sel-sel tubuh yang membengkak selama kehamilan juga akan mulai mengeluarkan cairan ekstra, yang akan dikeluarkan lewat tubuh melalui urine, keringat, atau cairan di vagina.

Mengencangkan kembali otot dan kulit perut yang kendur

Masalah lain terletak pada otot dan kulit perut yang kendur. Mengembalikannya tentu harus menggunakan usaha ekstra seperti dengan cara aktif berolahraga atau menggunakan korset. Tak hanya itu, proses menyusui Si Kecil juga akan membantu mengembalikan tubuh Anda ke bentuk ideal seiring waktu, tentunya dengan dibarengi dengan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga secara teratur ya, Moms!

Tenang saja Moms, tak perlu terlalu memikirkan bentuk tubuh Anda usai baru melahirkan, karena tentunya semua wanita yang baru melahirkan mengalami hal yang sama. Masa-masa tersebut merupakan waktu pemulihan, sehingga asupan gizi dan istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga tingkat energi maupun ketahanan terhadap infeksi. Makan makanan bergizi juga diperlukan, karena Anda kini sedang menyusui Si Kecil. (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)