Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Kesalahan Umum saat Memasak Daging

5 Kesalahan Umum saat Memasak Daging

Meski memasak merupakan kegiatan sehari-hari, sering kali kita melakukan sejumlah kesalahan dalam mengolah bahan makanan. Kesalahan mengolah bahan makanan, seperti daging misalnya, akan berakibat pada masakan yang tersaji jadi kurang optimal dan memuaskan atau malah membuat tekstur daging menjadi keras. Nah, berikut ini beberapa kesalahan dalam memasak daging yang sering terjadi, Moms!

Baca juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas agar Tahan Lama

1. Salah mencairkan daging beku

Ketika kita hendak menggunakan daging beku dari freezer, jangan langsung dimasak dalam keadaan dingin. Tunggulah beberapa saat agar es di dalam daging mencair terlebih dahulu, karena langsung memasak daging yang beku akan merusak tekstur daging dan justru membuatnya jadi keras.

Moms bisa mengambil daging dari freezer dan meletakkannya di kulkas dalam waktu 8 sampai 24 jam, tergantung pada beratnya. Jadi Anda bisa menaruh daging dari freezer ke chiller di malam harinya, untuk kemudian dimasak keesokan harinya.

2. Memarinasi terlalu lama

Ketika hendak memasak daging, umumnya daging sapi direndam bumbu agar cepat empuk dan meresap, atau biasa disebut dengan proses marinasi. Namun, merendam bumbu dengan bumbu asam seperti perasan jeruk nipis terlalu lama justru akan membuat tekstur daging jadi lembek dan tak enak dinikmati.

Apabila Moms menggunakan asam seperti jus jeruk atau cuka, gunakan minyak dan asam dengan perbandingan 3:1 dalam bumbu rendaman. Ingat ya Moms, jangan didiamkan lebih dari 1 atau 2 jam karena malah akan merusak tekstur daging.

3. Tidak mencairkan daging di suhu kamar

Moms, ternyata zona bahaya untuk pertumbuhan bakteri pada makanan adalah antara 4 derajat Celsius dan 60 derajat Celsius. Karena itu, Anda disarankan untuk tidak mencairkan daging beku di suhu kamar dan lebih baik menggunakan bak air dingin atau kulkas untuk mencairkan daging beku.

Untuk pilihan yang lebih cepat, gunakan air dingin. Jika menggunakan metode ini, tempatkan daging dalam mangkuk atau panci berisi air dingin. Tutup panci dan ganti air setiap 30 menit sampai daging beku mencair. Proses ini memerlukan waktu 1 jam atau kurang untuk setiap setengah kilogram daging.

Baca juga: 5 Resep MPASI Daging Giling, Si Kecil Pasti Suka!

4. Cara memotong yang salah

Ternyata, cara memotong daging juga tak bisa sembarangan dilakukan lho, Moms, karena rasa dan tekstur daging bisa berbeda, tergantung dengan teknik memotongnya. Setiap masakan tentunya memiliki resep tersendiri dan menginginkan tekstur daging yang berbeda. Jadi, potonglah daging sesuai dengan masakan yang akan Anda buat, ya!

5. Tidak memakai talenan khusus daging

Sering kali kita tidak menghiraukan penggunaan talenan, seperti menggunakan talenan yang sama untuk daging dan sayuran. Padahal, ternyata itu salah lho, Moms, karena daging mentah akan meninggalkan bakteri pada segala sesuatu yang disentuhnya, termasuk talenan Anda. Jadi, mulai sekarang pisahkan talenan untuk daging dan sayuran. Namun, jika Anda hanya memiliki satu papan talenan, maka terlebih dahulu potong semua sayuran Anda, baru kemudian potong daging atau ikan. Jangan lupa mencuci talenan Anda ya, Moms! (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)