Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Resep MPASI Daging Giling, Si Kecil Pasti Suka!

5 Resep MPASI Daging Giling, Si Kecil Pasti Suka!

Salah satu tantangan yang sering dihadapi Moms ketika bayi sudah mulai mengonsumsi makanan padat adalah menemukan resep MPASI yang tepat, yang disukai Si Kecil, dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebenarnya, ada banyak menu MPASI yang bisa Anda coba, Moms, salah satunya menu MPASI berbahan daging giling.

Daging sapi, termasuk daging giling, terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi, menjadikannya pilihan menu MPASI terbaik. Ini juga merupakan menu MPASI yang tepat untuk memperkenalkan Si Kecil pada berbagai rasa dan tekstur. Berikut ini 5 resep MPASI daging giling yang sehat, lezat, dan pastinya disukai Si Kecil.

1. Bubur daging giling

Ini merupakan resep MPASI daging giling paling gampang yang bisa Anda coba buat di rumah. Bubur daging giling dibuat hanya dengan daging giling dan air secukupnya. Bubur daging giling merupakan menu MPASI tunggal yang cocok untuk MPASI pertama Si Kecil.

Bahan:

  • 100 gram daging giling tanpa lemak
  • Air secukupnya.

Cara membuat:

1. Masak daging giling tanpa lemak dalam wajan dengan api sedang dan sedikit minyak atau tanpa minyak sama sekali hingga matang sempurna. Lalu, tiriskan daging giling yang sudah matang.

2. Masukkan daging giling ke blender, tambahkan air secukupnya, dan haluskan sampai mendapatkan konsistensi bubur yang lembut.

3. Biarkan bubur daging giling dingin sebelum diberikan kepada Si Kecil.

2. Bubur daging giling dan ubi jalar

Sebagai variasi, Anda bisa campurkan daging giling dan ubi jalar untuk dibuat menjadi bubur. Kombinasi keduanya akan menciptakan rasa yang lezat, sekaligus menu MPASI bayi yang tepat untuk mengenalkan Si Kecil pada tekstur makanan yang berbeda. Keduanya juga sama-sama mengandung nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. 

Bahan:

  • 100 gram daging giling tanpa lemak
  • 1 buah ubi jalar berukuran kecil
  • Air secukupnya.

Cara membuat:

1. Kupas dan kukus ubi jalar hingga matang dan empuk. Diamkan selama beberapa waktu sampai dingin.

2. Masak daging giling tanpa lemak dalam wajan dengan api sedang dan sedikit minyak atau tanpa minyak sama sekali hingga matang sempurna. Lalu, tiriskan daging giling yang sudah matang.

3. Campurkan daging giling yang sudah matang dan ubi yang sudah dikukus matang ke dalam blender, tambahkan air secukupnya, dan haluskan sampai mendapatkan konsistensi bubur yang lembut.

4. Biarkan bubur daging giling dan ubi jalar dingin sebelum diberikan kepada Si Kecil.

3. Bubur daging giling, wortel, dan kacang polong

Resep MPASI daging giling ini bisa bikin Si Kecil mengenal berbagai rasa dan tekstur makanan. Semua bahan makanan ini juga kaya nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya.

Bahan:

  • 100 gram daging giling tanpa lemak
  • 1 buah wortel berukuran kecil
  • Kacang polong secukupnya
  • Air secukupnya.

Cara membuat:

1. Bersihkan kacang polong dan wortel. Untuk wortel, kupas dan potong kecil-kecil. Kemudian, kukus kacang polong dan wortel hingga matang dan empuk, lalu biarkan dingin pada suhu ruang.

2. Masak daging giling tanpa lemak dalam wajan dengan api sedang dan sedikit minyak atau tanpa minyak sama sekali hingga matang sempurna. Lalu, tiriskan daging giling yang sudah matang.

3. Campurkan daging giling, wortel, kacang polong yang sudah matang ke dalam blender, tambahkan air secukupnya, dan haluskan sampai mendapatkan konsistensi yang halus dan lembut.

4. Biarkan bubur daging giling, wortel, dan kacang polong dingin sebelum diberikan kepada Si Kecil.

4. Bubur daging giling dan labu kuning

Seperti yang diketahui, daging giling kaya protein, sementara labu kuning tinggi serat, menjadikannya menu MPASI ideal untuk Si Kecil. Selain itu, labu kuning juga mengandung banyak vitamin A dan C yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

Bahan:

  • 100 gram daging giling tanpa lemak
  • 1 buah labu kuning berukuran kecil
  • Air secukupnya.

Cara membuat:

1. Bersihkan, kupas, dan kukus labu kuning sampai matang dan empuk.

2. Masak daging giling tanpa lemak dalam wajan dengan api sedang dan sedikit minyak atau tanpa minyak sama sekali hingga matang sempurna. Lalu, diamkan dan tiriskan daging giling yang sudah matang.

3. Haluskan daging giling dan labu kuning kukus dalam blender, tambahkan air secukupnya sampai mendapatkan konsistensi yang halus dan lembut.

4. Biarkan bubur daging giling dan labu kuning dingin sebelum diberikan kepada Si Kecil.

5. Bubur daging giling, nasi putih, dan wortel

Dalam satu menu MPASi ini, Si Kecil sudah mendapatkan banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, seperti karbohidrat, protein, serat, kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C.

Bahan:

  • 100 gram daging giling tanpa lemak
  • Nasi putih secukupnya
  • 1 buah wortel berukuran kecil yang sudah diparut
  • Butter secukupnya (opsional)
  • Air secukupnya.

Cara membuat:

1. Siapkan panci berukuran kecil, kemudian masukkan nasi putih, daging giling, dan wortel parut, lalu tambahkan air secukupnya.

2. Masak dalam api sedang selama kurang lebih 45 menit, sambil sesekali diaduk.

3. Moms juga bisa menggunakan rice cooker yang memiliki fungsi memasak bubur. Anda tinggal masukkan semua bahan ke dalam rice cooker dan tunggu hingga matang menjadi bubur.

4. Jika konsistensinya dirasa kurang halus dan lembut, siapkan saringan dan tuangkan bubur yang sudah dimasak di atasnya. Tekan-tekan bubur menggunakan sendok untuk menyaringnya dan mendapatkan konsistensi bubur yang lebih halus dan lembut.

5. Tambahkan butter secukupnya untuk memberi rasa pada bubur. Aduk hingga rata.

6. Biarkan bubur daging giling, nasi putih, dan wortel dingin sebelum diberikan kepada Si Kecil.

Itulah 5 resep MPASI daging giling yang sehat, lezat, dan pastinya disukai Si Kecil. Pastikan daging giling dimasak hingga matang untuk menghilangkan kemungkinan adanya bakteri.

Moms bisa membuat tekstur bubur daging giling sesuai dengan tahap perkembangan Si Kecil. Makin bertambah usianya, Moms boleh tambahkan bumbu-bumbu untuk memperkaya rasa makanannya. Dengan begitu, Si Kecil pun bisa mengenal berbagai rasa makanan. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)