Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ajari Si Kecil 2 Bahasa

Ajari Si Kecil 2 Bahasa

Sebuah studi di University of Washington's Institute for Learning and Brain Sciences, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa sejak lahir bayi sudah bisa diajarkan 2 bahasa (bilingual). Pendapat senada juga diungkapkan Barbara Zurer Pearson, penulis buku Raising a Bilingual Child, usia ideal untuk mengajarkan anak bahasa ke-2 adalah usia 0-10 tahun.

 

Namun, menurut Ketua Divisi Tumbuh Kembang RSUD Dr. Soetomo/FK-UNAIR Surabaya, Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K), di masa 2 tahun pertama Si Kecil, sebaiknya diperkenalkan 1 bahasa dahulu untuk menghindari terjadinya gangguan bicara-bahasa.

 

Nah, jika Anda ingin Si Kecil pandai bahasa asing, ikuti 4 tip M&B berikut ini:


1.  Pilihlah bahasa asing yang paling Anda kuasai untuk diajarkan kepada Si Kecil.


2.  Sebisa mungkin gunakan bahasa asing tersebut saat berkomunikasi dengan Si Kecil. Anda juga bisa membacakan cerita sebelum tidur berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Dengan begitu, ia akan terbiasa mendengar dan secara tidak langsung mempelajari struktur bahasa tersebut.


3.  Sesekali, putarlah program favorit anak atau film kesukaan Si Kecil yang berbahasa asing. Saat ia mendengar kosakata baru, pelajari dan gunakanlah kata tersebut ketika Anda berbicara kepadanya.


4.  Berikan Si Kecil mainan bilingual yang mendidik, seperti kartu-kartu angka, huruf, binatang, dan makanan.

Anda ingin tahu seperti apa alat bantu Si Kecil untuk belajar 2 bahasa? Yuk, lihat infonya di Majalah Mother&Baby edisi Februari 2014!