Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Anti Basi, Ini 8 Masakan yang Bisa Disimpan Lama

Anti Basi, Ini 8 Masakan yang Bisa Disimpan Lama

Memasak sangatlah identik dengan karakter seorang ibu. Namun, memang, memasak setiap hari terkadang bisa terasa sangat melelahkan dan merepotkan ya, Moms. Untuk mengatasi hal tersebut, menyetok masakan yang bisa disimpan dan dimakan berhari-hari bisa menjadi sebuah solusi.

Walaupun begitu, menyimpan masakan perlu diteliti, karena tidak semua makanan bisa tahan dan baik dikonsumsi setelah berhari-hari. Nah, M&B telah merangkum beberapa olahan makanan tahan lama yang bisa dicoba. Simak, Moms!

1. Rendang

Tak hanya rasanya yang lezat, rendang juga bisa disimpan berhari-hari lho, Moms. Bila dimasak dengan benar, rendang bisa bertahan selama 3-4 hari. Masak daging hingga benar-benar matang dan kering, lalu tunggu hingga suhu masakan benar-benar dingin sebelum disimpan di kulkas. Namun, perlu diperhatikan, rendang sebaiknya tidak boleh didiamkan lebih dari 2 jam sebelum masuk kulkas, karena bisa memancing tumbuhnya bakteri.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas agar Tahan Lama

2. Ayam panggang

Tidak hanya ayam panggang, ayam goreng, ayam bakar, serta olahan daging ayam lainnya bisa bertahan hingga 4 hari bila penyimpanan dan proses memasaknya benar. Saat memasak, pastikan daging ayam benar-benar matang. Jangan biarkan ayam yang sudah dimasak berada di suhu ruangan lebih dari jam sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Jangan lupa simpan olahan ayam dalam wadah kedap udara.

3. Empal gepuk

Variasi lain dari olahan daging yang bisa bertahan lama adalah empal gepuk. Rebus daging hingga empuk, lalu tumis daging dengan bumbu dan masak hingga kandungan airnya hilang. Tunggu hingga suhu daging benar-benar dingin, kemudian simpan di kulkas. Daging ini bisa tahan hingga 4 hari bila disimpan di kulkas, dan bisa lebih lama bila disimpan di freezer.

4. Dendeng

Baik dendeng daging sapi atau daging lainnya bisa bertahan hingga setahun lho, Moms! Teorinya, semua olahan daging yang dikeringkan dan disimpan dalam kemasan kedap udara bisa bertahan dan kualitasnya tidak berubah hingga setahun, bahkan lebih.

5. Kering kentang

Oseng atau kering kentang bisa tahan disimpan selama 3-5 hari lho, Moms. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kentang dan atau segala variasi olahan kentang bisa bertahan hingga 5 hari. Pastikan menyimpan kering kentang dalam wadah tertutup yang kedap udara, lalu masukkan ke dalam kulkas.

6. Sup

Jangan takut sup sayur kesukaan Anda cepat basi, Moms! Karena bila disimpan dengan benar, sup bisa bertahan hingga 3 bulan. Menurut Singapore Food Agency, sup dapat bertahan selama 3-4 hari bila disimpan di kulkas, sedangkan bila dibekukan dan disimpan di dalam freezer bisa bertahan selama 2-3 bulan.

7. Pasta

Berbagai menu pasta seperti spaghetti bolognese atau fettucine carbonara ternyata bisa bertahan hingga 4 hari lho, Moms. Bila diperlukan, hidangan pasta juga bisa bertahan hingga lebih dari seminggu. Triknya, simpan saus dan pasta secara terpisah. Simpan saus di dalam wadah kedap udara dan taruh di freezer. Pasta juga dapat bertahan hingga 2 tahun dalam keadaan belum dimasak.

8. Pai lemon

Sebenarnya, hidangan pencuci mulut yang bisa disimpan berhari-hari tak hanya pai lemon. Dilansir dari Huffington Post, Guy Crosby, ilmuwan pakan dan profesor di Harvard T.H. Chan School of Public Health, menyatakan bahwa makanan yang tinggi gula bisa mengikat air dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Beberapa pencuci mulut seperti pai lemon, kue muffin, dan kukis bisa disimpan tanpa kulkas selama seminggu di dalam wadah kedap udara. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)