Type Keyword(s) to Search
TODDLER

14 Ragam Protein Nabati Terbaik untuk MPASI Balita

14 Ragam Protein Nabati Terbaik untuk MPASI Balita

Protein merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk diberikan kepada Si Kecil. Nutrisi ini berfungsi untuk membantu pembentukan tulang, otot, dan antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Bahan makanan yang memiliki protein ini umumnya merupakan lauk pauk yang diberikan kepada anak, terutama saat MPASI.

Mungkin Moms lebih familiar dengan protein hewani yang terkandung pada daging merah, ikan, atau telur. Namun, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan protein nabati atau yang didapat dari tumbuh-tumbuhan, sehingga tidak mengandung kolestrol tinggi. Apa saja jenis protein nabati yang bisa disajikan untuk MPASI Si Kecil? Berikut selengkapnya, Moms.

1. Kacang kedelai

Kadar protein dalam 100 gram kacang kedelai adalah sekitar 30,2 gram. Moms bisa memberikannya kepada Si Kecil dalam bentuk susu yang diolah sendiri atau dimasak dengan cara ditumis maupun digoreng dengan rasa yang enak. Selain protein, kacang kedelai juga mengandung antioksidan yang penting untuk tubuh.

2. Tahu

Tahu merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai yang melalui proses fermentasi. Cara menghasilkannya adalah dengan mengambil sari dari kedelai, lalu mencetaknya dalam berbagai bentuk. Hal ini membuat tahu memiliki tekstur yang lembut, mudah diolah, dan bisa dimakan dengan ragam menu lainnya.

3. Tempe

Tempe juga produk olahan dari kacang kedelai yang melalui proses fermentasi. Setidaknya, ada 10 gram protein dalam 4 potongan tempe. Selain kaya protein, tempe juga bisa menjadi sumber serat, kalsium, serta zat besi yang baik untuk Si Kecil.

4. Edamame

Edamame mengandung 11,4 gram protein, karbohidrat, serat, kalsium, dan fosfor. Karena itu, tak heran jika edamame juga bisa menjaga kesehatan tulang Si Kecil. Tak hanya dimakan langsung, Moms juga bisa menumis edamame dengan jenis sayuran lainnya.

5. Alpukat

Buah alpukat juga bisa menjadi sumber protein nabati, dengan kandungan protein sekitar 2 gram. Selain protein, alpukat juga kaya akan asam folat, niacin, riboflavin, serat, zinc, dan lemak yang baik. Terdapat juga kandungan mangan yang berfungsi untuk menjaga kinerja otak dan syaraf. Untuk penyajian, Moms bisa menjadikannya sebagai jus untuk diminum, dicampur bersama menu lain, seperti salad, roti, maupun biskuit, atau dimakan langsung.

6. Buncis

Sayuran buncis mengandung setidaknya 1,8 gram protein dalam 100 gramnya. Memberikan buncis kepada Si Kecil juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C serta vitamin A untuk menjaga kesehatan matanya.

7. Kacang panjang

Kacang panjang memiliki kandungan protein sekitar 2,8 gram. Teksturnya yang krispi tentu menjadikan MPASI Si Kecil jadi berbeda dan mungkin saja bisa menjadi sayuran favoritnya.

8. Brokoli

Brokoli merupakan sumber protein nabati untuk Si Kecil. Setiap 90 gramnya mengandung 2,5 gram protein, dan juga kaya serat, karbohidrat, dan ragam mineral lainnya. Untuk menu MPASI Si Kecil, Moms bisa mengolahnya dengan direbus tanpa garam. Brokoli bisa menjadi finger food atau dijadikan puree yang lezat untuk anak Anda.

9. Jagung

Jagung menjadi sumber protein nabati lain yang pasti digemari Si Kecil, karena bentuknya kecil, berwarna kuning terang, dan memiliki rasa manis. Dalam 100 gram jagung ada sekitar 9,5 gram protein, juga terkandung lemak, karbohidrat, dan serat. Selain direbus atau dikukus untuk kemudian dimakan langsung, jagung juga bisa diolah menjadi jus, puree, atau puding, lho!

10. Kacang merah

Kacang merah merupakan jenis kacang yang kaya akan protein sekaligus zat besi. Kacang merah bisa membantu menjaga kesehatan tubuh serta mencegah anemia defisiensi besi pada Si Kecil. Kandungan karbohidrat dan asam lemak omega-3 di dalamnya juga membuat kacang merah menjadi bahan menu MPASI yang pas untuk anak, Moms.

Baca juga: Moms, Ini Manfaat Kacang Merah untuk MPASI Bayi Anda

11. Kacang hijau

Tak hanya kacang merah, kacang hijau juga kaya akan protein dan juga karbohidrat serta serat yang dibutuhkan Si Kecil, sehingga akan mengurangi risiko sembelit serta menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Moms bisa mengolah 100 gram kacang hijau, misalnya sebagai bubur, untuk mendapatkan 22,2 gram protein.

12. Kacang tanah

Kacang tanah juga menjadi sumber protein dengan asam amino untuk tumbuh kembang optimal bayi Anda. Dalam 100 gram kacang tanah terdapat 27 gram protein, karbohidrat, kolin, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya.

13. Kacang almond

Memberikan kacang almond sebagai sumber protein dalam MPASI Si Kecil tentu sangat direkomendasikan. Pasalnya, setiap satu ons almond mengandung 6,5 gram protein, serta zat besi, serat pangan, dan kalsium. Selain itu, almond juga kaya vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit Si Kecil. Moms bisa mengolahnya menjadi susu atau menghaluskannya dan dicampur ke menu MPASI anak Anda.

14. Kacang polong

Selain kacang hijau, kacang polong yang juga berwarna hijau tentu bisa diolah menjadi MPASI buat anak. Dalam setiap 100 gram kacang polong terkandung sekitar 25 gram protein. Rasanya juga pasti akan disukai Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)