Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Catat! Ini 5 Makanan Pencegah Jerawat

Catat! Ini 5 Makanan Pencegah Jerawat

Kemunculan jerawat bisa jadi musibah bagi seorang wanita karena bisa mengganggu penampilan dan merusak kulit wajah. Jerawat sendiri terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menimbulkan kantong nanah yang kemudian meradang.

Kemunculan jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, kelelahan, perubahan cuaca, ataupun hormon, baik ketika pubertas maupun hormon ketika hamil. Namun, jangan sedih Moms, karena jerawat bisa kita cegah dengan sejumlah makanan. Lima makanan berikut ini jika kita konsumsi bisa mencegah munculnya jerawat di wajah kita, Moms.

Baca juga: Muka Jerawatan saat Hamil? Ini Cara Alami untuk Mengatasinya

1. Makanan yang mengandung probiotik

Kandungan probiotik dalam makanan punya banyak manfaat buat tubuh, salah satunya mencegah kemunculan jerawat. Makanan yang mengandung probiotik contohnya adalah tempe, susu, keju, miso, dan masih banyak lagi.

Probiotik dalam makanan akan membuat pencernaan dalam usus berjalan lebih baik. Jika pencernaan dalam usus berjalan dengan baik, maka kotoran akan terbuang dan pastinya bisa membuat tubuh jadi lebih sehat. Jerawat bisa muncul disebabkan oleh kotoran atau racun yang menumpuk pada tubuh kita.

Baca juga: 7 Makanan Mengandung Probiotik yang Baik bagi Tubuh

2. Alpukat

Buah satu ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Alpukat kaya vitamin E yang mampu meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga menjaganya tetap awet muda lho, Moms! Alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mengurangi peradangan kulit dan merupakan pelembap alami untuk kulit.

3. Teh hijau

Rajin mengonsumsi teh hijau bermanfaat baik untuk kesehatan, juga untuk mengatasi kulit berjerawat. Kandungan antioksidan dalam teh hijau bisa mendorong proses detoksifikasi wajah yang berjerawat, karena apabila racun dalam tubuh hilang, maka jerawat tidak akan muncul. Tak hanya itu, teh hijau juga mempercepat penyembuhan serta meredakan inflamasi dari dalam.

Baca juga: 6 Rekomendasi Teh Hijau yang Baik untuk Kesehatan Anda

4. Kacang-kacangan

Kekurangan mineral seperti zinc dan selenium bisa menjadi penyebab seseorang berjerawat. Asupan mineral tersebut ternyata bisa dengan mudah kita dapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, serta zat besi, yang semuanya baik untuk kesehatan kulit.

5. Brokoli

Jenis sayuran ini jadi sayuran yang digemari banyak orang. Tak cuma enak, brokoli juga merupakan makanan pembersih kulit alami yang sempurna. Pasalnya, brokoli dilengkapi dengan vitamin A, B, C, E, dan K yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai antioksidan yang terkandung dalam brokoli akan membantu melawan kerusakan kulit dan membuat kulit Anda jadi lebih bercahaya lho, Moms! (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)