Type Keyword(s) to Search

Perlukah Memakai Conditioner Setiap Kali Kita Keramas?

Perlukah Memakai Conditioner Setiap Kali Kita Keramas?

Setiap wanita tentunya menginginkan rambut yang sehat, tampak berkilau, dan lembut. Akan tetapi, rambut juga bisa menjadi kering, sehingga tampak kusam, mudah kusut, patah, dan rontok. Duh, kalau sudah begini, rasanya menyebalkan ya, Moms?

Salah satu cara untuk menghindari hal tersebut dan membuat rambut Anda tetap lembut adalah dengan menggunakan conditioner. Conditioner sendiri adalah produk perawatan rambut yang dibuat untuk mengembalikan kelembapan setelah rambut dicuci oleh sampo. Penggunaan conditioner disarankan setelah kita keramas dengan sampo.

Namun pertanyaannya, perlukah kita mengaplikasikan conditioner ke rambut setiap kali setelah keramas untuk menjaga agar rambut senantiasa tetap lembut serta tidak mudah kusut dan kering?

Perlu diketahui, conditioner berfungsi untuk menghidrasi kutikula (lapisan terluar rambut), sehingga kutikula yang renggang menjadi rapat kembali. Hal ini akan menambah kelembapan rambut yang mungkin hilang setelah Anda menggunakan sampo. Selain itu, conditioner juga membuat rambut terasa lebih halus dan lembut serta rambut Anda akan lebih mudah diatur.

Nick Arrojo, penata rambut selebriti di New York dan penulis Great Hair: Secrets to Looking Fabulous and Feeling Beautiful Every Day, menyarankan agar conditioner digunakan setiap kali Anda mencuci rambut.

Pemakaian conditioner sangat diperlukan, terutama untuk rambut kering, rapuh, rambut berwarna, dan rambut yang sering terpapar bahan kimia atau proses styling. Dengan menggunakan conditioner, kelembapan rambut Anda akan terjaga sehingga rambut akan tampak lebih sehat dan indah.

Yang perlu diperhatikan

Namun agar pemakaian conditioner bisa memberikan manfaat maksimal, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini, Moms.

1. Jika Anda biasanya mengaplikasikan conditioner menggunakan tangan, cobalah melakukan rutinitas ini menggunakan sisir bergigi jarang agar hasilnya merata dan tidak menimbulkan rasa lengket berlebihan.

2. Pilih conditioner yang sesuai dengan tipe rambut. Sangat disarankan untuk memilih merek dan jenis conditioner yang sama dengan sampo yang Anda gunakan. Dengan begitu, manfaatnya bagi rambut Anda akan benar-benar maksimal.

3. Berbeda dengan sampo yang digunakan mulai kulit kepala, aplikasikan conditioner dari ujung-ujung rambut terlebih dahulu. Kecuali jika Anda memiliki rambut yang benar-benar kering atau rusak di bagian akarnya. Dan bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, cukup mengaplikasikan conditioner di bagian ujung rambut saja. Jika mengaplikasikannya di dekat akar rambut, maka rambut akan semakin berminyak.

4. Jangan terlalu cepat membilas conditioner. Biarkan sesaat menempel pada rambut agar formulanya bisa meresap dan menghidrasi rambut dengan sempurna.

5. Lebih baik membilas conditioner dengan air dingin. Hal ini berguna untuk mengunci nutrisi yang diberikan conditioner secara sempurna. Selain itu, air dingin juga mampu menutup kutikula sehingga setiap helainya terlihat lebih berkilau.

6. Jangan membilas conditioner hingga rambut terasa kesat. Cukup bilas selama 1 menit saja agar manfaat produk yang ada di permukaan rambut tidak terbuang sia-sia. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle