Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Perlukah Memakai Conditioner Setiap Kali Kita Keramas?

Perlukah Memakai Conditioner Setiap Kali Kita Keramas?

Setiap wanita tentunya menginginkan rambut yang sehat, indah, berkilau, dan lembut. Salah satu cara agar rambut bisa tergerai dengan lembut adalah dengan menggunakan conditioner. Namun, perlukan Anda mengaplikasikan conditioner ke rambut setiap kali setelah keramas?

Perlu diketahui, conditioner merupakan salah satu produk yang disarankan untuk dipakai setelah sampo. Conditioner berfungsi untuk menghidrasi kutikula (lapisan terluar rambut), sehingga kutikula yang renggang menjadi rapat kembali.

Pemberian conditioner akan menambah kelembapan rambut yang mungkin hilang setelah menggunakan sampo. Selain itu, conditioner juga akan membuat rambut terasa lebih halus, lembut, dan lebih mudah diatur.

Nick Arrojo, penulis Great Hair: Secrets to Looking Fabulous and Feeling Beautiful Every Day, menyarankan agar conditioner digunakan setiap kali Anda mencuci rambut. Pemakaian conditioner sangat diperlukan, terutama untuk rambut kering, rapuh, rambut berwarna, dan rambut yang sering terpapar bahan kimia atau proses styling. Dengan menggunakan conditioner, kelembapan rambut Anda akan terjaga sehingga rambut pun tampak lebih sehat dan indah.

Baca juga: 5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambut

Yang perlu diperhatikan saat memakai conditioner

Namun, agar pemakaian conditioner bisa memberikan manfaat optimal, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini, Moms.

1. Jika Anda biasanya mengaplikasikan conditioner menggunakan tangan, cobalah melakukan rutinitas ini menggunakan sisir bergigi jarang agar hasilnya merata dan tidak menimbulkan lengket berlebihan.

2. Pilih conditioner yang sesuai dengan tipe rambut. Anda disarankan untuk memilih merek dan jenis conditioner yang sama dengan sampo yang Anda gunakan. Dengan begitu, manfaatnya bagi rambut Anda akan benar-benar maksimal.

3. Berbeda dengan sampo yang digunakan mulai dari kulit kepala, aplikasikan conditioner dari ujung-ujung rambut terlebih dahulu, kecuali jika Anda memiliki rambut yang benar-benar kering atau rusak di bagian akarnya. Dan bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, cukup aplikasikan conditioner di bagian ujung rambut saja. Jika Anda mengaplikasikannya di dekat akar rambut, maka rambut bisa makin berminyak.

4. Jangan terlalu cepat membilas conditioner. Biarkan conditioner sesaat menempel pada rambut agar formulanya bisa meresap dan menghidrasi rambut dengan sempurna.

5. Lebih baik bilas conditioner dengan air dingin. Hal ini berguna untuk mengunci nutrisi yang diberikan conditioner secara sempurna. Selain itu, air dingin juga mampu menutup kutikula sehingga setiap helainya akan terlihat lebih berkilau.

6. Jangan membilas conditioner hingga rambut terasa kesat. Cukup bilas selama 1 menit, agar manfaat conditioner yang ada di permukaan rambut tidak terbuang sia-sia. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)