Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Faktor Risiko TBC

4 Faktor Risiko TBC

Penyakit tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini lebih sering terjangkit dari orang-orang yang tinggal atau berada di sekitar lingkungan Anda. Meski begitu, Anda tidak akan tertular bila berdekatan dengan pengidap TBC yang sudah melakukan pengobatan rutin selama setidaknya 2 minggu. Dilansir dari Mayo Clinic, ada 4 faktor yang dapat membuat Anda berisiko lebih besar terserang penyakit TBC.

 

1.  Sistem imun yang lemah
Sistem imun yang kuat di dalam tubuh akan dengan mudah melawan penyakit apa pun. Bila sistem imun Anda lemah, tubuh akan menjadi lebih rentan terkena penyakit ini. Beberapa penyakit dan pengobatan yang sedang dijalani dapat melemahkan sistem imun Anda, misalnya, HIV/AIDS, diabetes, penyakit ginjal stadium akhir, penyakit kanker tertentu, usia yang terlalu muda atau terlalu tua, pengobatan kanker seperti kemoterapi, konsumsi obat-obatan untuk menolak transplantasi organ tubuh, konsumsi obat untuk radang sendi kronis, penyakit Crohn, penyakit psoriasis, serta malnutrisi.

 

2.  Negara dengan tingkat pengidap TBC tinggi 
Penyakit TBC lebih berisiko menyerang orang-orang yang tinggal atau berwisata di negara yang penduduknya banyak terserang TBC, misalnya di Sub-Sahara Afrika, India, Cina, Meksiko, pulau-pulau di daerah Asia Tenggara dan Micronesia, maupun di bagian-bagian pecahan negara Uni Soviet.

 

3.  Kemiskinan dan penyalahgunaan zat
Bila Anda memiliki pendapatan yang rendah atau tinggal di daerah terpencil, akan sangat sulit bagi Anda mendapatkan fasilitas kesehatan untuk mengobati penyakit TBC. Konsumsi obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol dalam jangka panjang juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda rentan terserang TBC. Tembakau pun menjadi salah satu risiko Anda lebih mudah terserang TBC.

 

4.  Lingkungan
Orang-orang yang bekerja di penjara, bagian imigrasi, atau rumah sakit berisiko lebih besar terjangkit penyakit TBC. Hal ini terjadi karena TBC lebih mudah menyerang di area pemukiman padat serta sirkulasi udara yang buruk. Oleh karena itu, bila orang-orang terdekat Anda bekerja di sana, sarankanlah untuk menggunakan masker dan sering mencuci tangan untuk mengurangi risiko terjangkit TBC. (Sagar/DMO/Dok. M&B)