Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Permainan Simpel untuk Si Kecil

Permainan Simpel untuk Si Kecil

Anda tidak harus selalu mengeluarkan biaya untuk mengajak Si Kecil bermain ke luar rumah. Bereksplorasi di rumah bersamanya pun bisa menjadi kegiatan bermain yang menyenangkan untuknya. Dilansir dari M&B AU, 4 permainan simpel ini bisa Anda lakukan bersama Si Kecil di rumah, agar rumah semakin semarak dengan tawanya. Selamat bermain!

 

1.  Ayo, coba tebak?
Permainan ini sangat simpel. Anda hanya membutuhkan sebuah saputangan atau selendang untuk menutup mata Si Kecil dan mengajaknya ke dapur untuk mencoba berbagai makanan tanpa ia mengetahui apa yang ia makan. Biarkan ia mencicipi beragam makanan, seperti buah, sayur, keju, biskuit, dan yoghurt. Tanyakan beberapa pertanyaan kepadanya, misalnya, apakah rasanya lembut atau keras, kering atau berair, enak atau tidak enak, dan sebagainya.
Permainan ini sangat baik untuk menstimulasi indra perasa atau pengecap, dan pembaunya. Dari permainan ini, Anda bisa tahu apa kesukaannya, sehingga ketika Anda nanti mengajaknya ke supermarket, Anda dapat memberi tahu kepadanya tentang apa saja bentuk asli dari makanan favoritnya tersebut. Jadi, Si Kecil dapat mengenal banyak jenis makanan dan tidak rewel lagi saat waktu makan.

 

2.  Tangkap aku, Ma!
Anak-anak sangat suka bermain kejar-kejaran. Kejar Si Kecil, lalu peluk dan cium. Lakukan adegan seperti singa mengaum ataupun tikus mencicit. Bila ia tertangkap, bertukar peranlah menjadi yang dikejar.

 

3.  Ayo menari!
Bila Si Kecil sedang semangat dan tidak mengantuk, mengapa tidak menari bersamanya? Putar musik yang menyenangkan dan mulailah menari! Anda bisa menirukan langkah kaki gajah pada bagian irama yang kencang, dan di bagian irama yang pelan, berjinjitlah bak seorang penari balet bersama Si Kecil. Anda dan Si Kecil pun dapat berbaris layaknya pemain marching band dan berkeliling di dalam rumah mengikuti alunan lagu. Menari juga bisa dilakukan sambil bernyanyi di depan kaca sambil memegang sisir sebagai mikrofonnya. Siapa tahu, Si Kecil jadi terinspirasi menjadi penyanyi papan atas.

 

4.  Baca cerita, yuk!
Luangkanlah waktu Anda untuk membaca berita bersama Si Kecil. Namun, libatkan ia saat membaca cerita, karena anak-anak sangat suka jika dilibatkan dalam cerita yang sedang dibacakan. Tanyakan kepadanya, apa saja yang ia lihat di dalam buku cerita agar waktu membacakan cerita menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. (Sagar/DMO/Dok. M&B)