Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Waspada HIV/AIDS!

Waspada HIV/AIDS!

Tahukah Anda bahwa saat ini, setiap 25 menit 1 orang terserang human immunodeficiency virus (HIV)? Ya, HIV memang tidak memandang usia, jenis kelamin, ras, etnis, agama, latar belakang ekonomi, maupun orientasi seks. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati terjangkit virus ini.

 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah kasus AIDS (2012) pada kelompok usia 20-29 tahun sebesar 25,2 persen, dan pada kelompok usia 30-39 tahun sebesar 31,9 persen.  Kini, jumlah kasus ini pun melonjak naik di kalangan muda, yang berusia 15-24 tahun.

 

Kebanyakan orang menyangka HIV/AIDS hanya terjadi pada pekerja seks komersial atau kaum homoseksual. Padahal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, penularan HIV/AIDS tertinggi terjadi melalui hubungan intim antar lawan jenis atau heteroseksual. Bila wanita yang terjangkit HIV/AIDS akibat hubungan intim menjadi hamil tanpa direncanakan, ia pun berisiko menularkan virus ini kepada bayi yang dikandungnya. Sementara, kasus penularan HIV/AIDS tertinggi kedua terjadi melalui penggunaan narkoba dengan media jarum suntik. (Sagar/DMO/Dok. M&B)