Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Salurkan Hobi Bersama Anak

Salurkan Hobi Bersama Anak

Hidup Anda pasti sangat berubah setelah memiliki anak, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan hobi Anda lagi. Dilansir dari M&B UK, saat anak sudah cukup besar, Anda bisa mengajaknya terlibat dalam hobi Anda. Selain bisa menjalin bonding dengan Si Kecil, siapa tahu ia juga jadi menyukai hobi Anda.

 

1.  Menonton film di bioskop
Jika Anda hobi menonton film, jangan sekadar mengajak Si Kecil menonton film kartun kesayangannya saja di ruang keluarga. Sesekali, Anda bisa mengajaknya menonton film di bioskop berdua saja atau mengikutsertakan Sang Ayah. Pilih waktu di akhir minggu untuk menonton film yang bisa ditonton semua usia dan tidak mengganggu waktu istirahatnya. Misalnya, mengambil jam tayang film di siang atau sore hari. Pastikan Anda membawa jaket agar ia tidak kedinginan dan mengecek terlebih dahulu apakah tersedia tempat untuk mengganti popoknya. Ia pun akan merasakan sensasi menonton film dari layar yang lebar dengan suara yang jernih.

 

2.  Mengunjungi pertunjukan dan pameran
Lupakan museum dan pagelaran seni yang gelap dan membosankan. Bila Anda suka mengunjungi tempat-tempat sejenis itu, Anda bisa memilih mengunjungi tempat atau acara yang lebih 'berwarna'. Si Kecil pun menjadi lebih bersemangat, karena dapat berinteraksi dengan fitur-fitur yang lebih interaktif. Cari tahu lokasi museum-museum atau acara pertunjukan dan pameran di daerah Anda, misalnya museum IPTEK atau pagelaran tari daerah, lalu ajak Si Kecil ke sana di akhir minggu.

 

3.  Berolahraga supaya bugar
Olahraga sangat baik dilakukan agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Akan tetapi, bila mengajak Si Kecil ke gym atau pusat olahraga, mungkin akan sedikit berbahaya bagi keselamatan dirinya. Cari jenis olahraga yang lebih tenang dan aman agar ia juga bisa ikut terlibat, misalnya yoga untuk ibu dan anak. Ia jadi bisa belajar untuk berolahraga sejak dini dan menjadi lebih banyak menghabiskan waktu bersama Anda.

 

4.  Ayo melukis
Suka melukis, tetapi jadi berhenti karena harus mengurus Si Kecil? Mengapa tidak mengajaknya ikut melukis bersama? Anda dapat mengikuti kelas melukis bersama Si Kecil atau melakukannya sendiri di rumah. Siapkan kanvas dan cat yang aman untuk anak, lalu melukislah bersamanya! Bisa saja Si Kecil berbakat melukis dan menjadi the next Picasso.

 

5.  Memasak bersama
Anak berusia 2-4 tahun sudah dapat diajak ke dapur untuk memasak makanan-makanan yang simpel sambil mendengarkan musik. Selain dapat menyalurkan hobi Anda, memasak dapat menjadi edukasi untuk ia belajar menyukai beragam makanan yang menyehatkan. (Sagar/DMO/Dok. M&B)