Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Asah Musikalitas Anak

Asah Musikalitas Anak
asah bakat musik anak

Setiap anak lahir dengan memiliki kelebihan atau talenta tertentu, seperti menari, memasak, bermain bola, bermain musik, juga menyanyi. Sebagai orangtua, Anda tentu berperan penting dalam memanfaatkan bakat-bakat hebat ini, termasuk bakat anak di bidang musik. Bila bakat ini terus diasah, maka tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti, Si Kecil dapat menjadi salah satu penyanyi papan atas.

 

Ada cara sederhana untuk lebih merangsang minat anak Anda ini. Berikut tips yang bisa Anda coba, seperti dilansir melalui New York Times.

 

1.  Bernyanyilah untuk anak Anda. Meskipun Anda merasa tidak bisa menyanyi, anak Anda tetap akan menganggap Anda memiliki suara yang indah.
2.  Menarilah bersama Si Kecil dengan mengikuti irama. Nyalakan musik favorit Anda dan menarilah dengan Si Kecil. Cara ini dapat memperkenalkannya tentang kegembiraan dalam musik, dan menciptakan memori bahagia saat mendengarkan musik.
3.  Nyanyikan lagu favorit Anda bersama Si Kecil. Meski ia belum mengerti artinya, kegiatan ini akan tertanam dalam memorinya, karena ia sering mendengar dan menyanyikannya bersama Anda. Anak Anda juga akan mulai memahami bahwa ada berbagai jenis musik lain, selain musik anak-anak.
4.  Ajak Si Kecil menonton video pertunjukkan musik, film musikal, atau acara musik anak-anak di TV, yang dapat membantu memperkenalkannya pada musik.
5.  Libatkan ia dalam kelas atau kegiatan bermusik khusus untuk anak-anak. Selain mengenalkan konsep musik, melalui program pendidikan musik ini, anak Anda dapat bereksperimen langsung dalam mengasah bakat bermusiknya.
6.  Jika berkesempatan, ajak ia menonton konser musik klasik. Si Kecil akan merasa terpukau menyaksikan musisi yang beraksi di atas panggung. Namun, pastikan Anda menemukan tempat yang nyaman untuk Anda dan Si Kecil saat menonton konser. Hindari tempat yang berdekatan dengan speaker atau sound system, karena dapat mengganggu pendengaran dan membuat Si Kecil tak nyaman. Menonton langsung konser musik dapat mendukung dan mendorongnya mencoba bermain alat musik. (Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)