Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pentingnya Edukasi Kesehatan

Pentingnya Edukasi Kesehatan

Perilaku bisa menjadi penyebab utama masalah kesehatan sekaligus solusi utama bagi kesehatan Anda. Semua itu tergantung dari diri Anda, termasuk pengetahuan yang Anda dapatkan. Karena itu, edukasi kesehatan sangat perlu dilakukan. Menurut Dr. dr. Herqutanto, MPH, MARS, dari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, edukasi  kesehatan merupakan bagian dari promosi kesehatan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki perilaku hidup sehat dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

 

Dokter Herqutanto juga menambahkan, edukasi kesehatan perlu ditujukan pada sasaran yang tepat, sesuai kesiapan masyarakat yang dituju untuk mengubah perilaku. Kegiatan ini perlu dilakukan berulang-ulang, mengingat banyak faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan edukasi tersebut, seperti lingkungan sosial dan ekonomi, psikis, serta karakter dari masing-masing individu. Untuk itu, diperlukan kerja sama berbagai pihak agar perubahan perilaku yang lebih baik bisa tercapai melalui edukasi kesehatan.

 

Ada beberapa hal yang termasuk dalam edukasi kesehatan, seperti berikut:
1.  Diet dan pola makan yang sehat dan seimbang,
2.  Cara meningkatkan aktivitas fisik,
3.  Berhenti merokok,
4.  Menghindari alkohol dan narkoba,
6.  Kepatuhan dalam anjuran konsumsi obat bagi orang sakit,
7.  Meningkatkan pengawasan dan kesadaran kesehatan diri sendiri, seperti mengecek gula darah dan tekanan darah,
8.  Perilaku hidup bersih dan sehat, seperti cuci tangan, mandi, dan BAB,
9.  Cek komposisi semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi keluarga, seperti mengecek kandungan gizi pada label produk pangan dan keamanan zat yang dikandung. (Aulia/DMO/Dok. M&B)