Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Aman Memakai Kosmetik Selama Masa New Normal

Tips Aman Memakai Kosmetik Selama Masa New Normal

Kembali beraktivitas di masa new normal tentu kerap membuat Anda deg-degan. Banyak kebiasaan baru yang harus diterapkan, tak hanya protokol kesehatan yang ketat, penggunaan kosmetik pun harus dilakukan secara lebih hati-hati.

Buat Anda para Moms yang sudah mulai bekerja kembali atau beraktivitas di luar rumah, Anda tentu merasa kurang lengkap kalau keluar rumah tanpa makeup atau kosmetik. Penggunaan kosmetik sederhana seperti lipstik, bedak, pensil alis, dapat membuat Anda merasa cantik dan meningkatkan rasa percaya diri Anda tentunya. Merasa cantik juga membuat seorang perempuan merasa lebih bahagia. Rasa bahagia itu juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, sesuatu yang penting kita miliki di masa pandemi ini.

Walaupun demikian, banyak pertanyaan yang muncul terkait penggunaan kosmetik ini. Aman tidak ya, berdandan menggunakan kosmetik dengan adanya infeksi COVID-19 yang dikenal mudah menular ini? Bagaimana cara menggunakan kosmetik yang aman selama masa new normal?

Seperti kita tahu, virus SARS-CoV 2 penyebab infeksi COVID-19 dapat hidup di beberapa jenis permukaan selama kurun waktu tertentu, seperti permukaan plastik dan kaca. Penularan virus terjadi terutama melalui droplets (percikan yang terjadi bila kita batuk atau bersin). Droplets yang mengandung virus dapat menyebabkan seseorang tertular bila berkontak dengan area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

Sedangkan penggunaan kosmetik banyak ditujukan untuk area sekitar mata dan bibir. Wadah kosmetik pun biasanya berbahan plastik dan seringkali terdapat cermin yang melekat. Walaupun demikian, menurut dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di RS Pondok Indah – Puri Indah, Moms tak perlu khawatir berlebihan saat menggunakan kosmetik. Untuk itu dr. Susie memberikan tips dan trik yang aman saat menggunakan kosmetik, yaitu:

1. Cuci tangan sebelum menggunakan kosmetik.

2. Bila memungkinkan, gantilah kosmetik kita dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan selama masa work from home (WFH) kurang lebih selama hampir 3 bulan. Bila tidak memungkinkan membeli yang baru, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali.

3. Aplikasikan kosmetik saat masih berada rumah. Hindari mengaplikasikan kosmetik di area publik, karena ada risiko droplets dapat menempel di permukaan kosmetik kita.

4. Jangan meminjamkan kosmetik milik kita dan jangan meminjam kosmetik milik orang lain selama masa pandemi ini. Kita tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala (OTG).

5. Bersihkan wadah kosmetik secara rutin menggunakan sabun ataupun bahan antiseptik lainnya, bila perlu setiap hari.

6. Selalu gunakan kosmetik saat wajah bersih. Hindari touch up (menambahkan, mengoreksi) kosmetik saat kita di luar rumah dan tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu.

7. Bila kita terindikasi terkena infeksi COVID-19, hentikan penggunaan kosmetik. Kosmetik dapat kembali digunakan setelah melewati masa hidup virus yang telah kita ketahui. Sebagian orang merasa lebih aman membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh.

8. Cucilah kuas dan spons yang kita gunakan secara berkala untuk menjaga kebersihannya.

9. Gunakan kosmetik sesuai rentang waktu suatu produk bisa digunakan (shelf-life) seperti yang dianjurkan oleh produsen, biasanya berkisar antara 3 dan 6 bulan.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk tetap tampil cantik dengan kosmetik selama beraktivitas di masa new normal ini ya, Moms. Yuk, kita terapkan kebiasaan baru untuk menjaga tubuh kita tetap sehat! (M&B/SW/Dok. Freepik)