Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Tersenyum Setiap Hari

Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Tersenyum Setiap Hari

Tersenyum biasanya dianggap sebagai respons yang tidak disengaja terjadi ketika seseorang melihat hal-hal yang membuatnya senang atau tertawa. Namun sebenarnya tersenyum bisa menjadi suatu respons yang bisa disengaja yang dilakukan secara sadar oleh seseorang.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa ketika seseorang tersenyum, hal ini dapat meningkatkan suasana hatinya dan suasana hati orang-orang di sekitarnya. sementara penelitian lainnya menyebutkan bahwa tersenyum (baik disengaja maupun tidak) dapat memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang pada kesehatan. Apa saja ya, manfaat tersenyum lainnya?

1. Tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum sebenarnya membantu sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi lebih efektif. Ketika seseorang tersenyum, diyakini bahwa fungsi kekebalan tubuh meningkat karena seseorang akan merasa lebih santai (karena adanya pelepasan neurotransmiter tertentu).

2. Tersenyum dapat meredakan stres

Saat seseorang mengalami stres, ternyata hal ini bisa terpancar dari wajahnya. Dengan tersenyum, paling tidak ini dapat membantu kita agar tidak terlihat lelah, tertekan, dan kewalahan. Namun sebenarnya terseyum memang dapat membantu mengurangi stres, entah itu secara sadar maupun tidak.

3. Tersenyum dapat menurunkan tekanan darah

Saat seseorang tersenyum, diyakini terjadi penurunan tekanan darah secara terukur lho, Moms!

4. Tersenyum dapat menjadi obat alami

Penelitian telah menunjukkan bahwa saat tersenyum, tubuh melepaskan endorfin dan serotonin sehingga diyakini bisa membuat seseorang merasa nyaman dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tak hanya sebagai obat alami, tersenyum juga dapat meningkatkan suasana hati seseorang, membuat rileks tubuh, dan mengurangi rasa sakit fisik.

5. Tersenyum dapat memperbaiki suasana hati

Ketika Anda merasa sedih, cobalah untuk tersenyum. Karena tersenyum sebenarnya dapat menipu tubuh untuk membantu meningkatkan suasana hati Anda. Dengan tersenyum, sebenarnya Anda sedang mengaktifkan pesan saraf di otak Anda. Senyum sederhana dapat memicu pelepasan komunikasi saraf yang meningkatkan neuropeptida serta neurotransmiter yang meningkatkan suasana hati, seperti dopamin dan serotonin.

6. Tersenyum bisa menular

Tersenyum tidak hanya memiliki kekuatan untuk meningkatkan suasana hati Anda, tetapi juga dapat mengubah suasana hati orang lain dan membuat segalanya lebih bahagia. Itulah mengapa tersenyum disebut sebuah tindakan yang dapat menular.

7. Tersenyum membuat kita terlihat menarik

Secara alami, ketika melihat seseorang yang sedang tersenyum, hal ini tentu akan membuat kita tertarik. Hal ini disebabkan adanya faktor ketertarikan fisik yang nyata saat melihat senyuman seseorang.

8. Tersenyum bisa membuat seseorang terlihat muda

Tidak hanya dapat membuat Moms lebih menarik, tetapi tersenyum juga dapat membuat Anda terlihat lebih muda, lho! Otot-otot yang Anda gunakan saat tersenyum dapat mengangkat wajah, sehingga membuat seseorang tampak lebih muda.

9. Tersenyum bisa membuat Anda terlihat sukses

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering tersenyum tampak lebih percaya diri, lebih mungkin untuk dipromosikan (baik itu soal pekerjaan atau jabatan), dan lebih mungkin untuk didekati orang lain.

10. Tersenyum membuat Anda selalu berpikir positif

Tersenyum merupakan cara termudah untuk mengatasi suasana hati yang memburuk. Bahkan ketika Anda berusaha tersenyum walau dengan terpaksa sekalipun, otak tetap mengirimkan pesan positif, sehingga Anda pun dapat selalu berpikiran positif. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)