Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tes Pendengaran Bayi

Tes Pendengaran Bayi
cek pendengaran si kecil

Jika bayi Anda tetap tertidur pulas saat telepon berdering atau saat suara bising televisi, tak perlu khawatir! Ini bukan berarti pendengaran bayi Anda terganggu, mungkin saja ia hanya sedang terlelap dalam tidurnya. Tidak semua bayi dengan pendengaran sempurna memperhatikan suara di sekitar mereka.

 

Tanpa peralatan medis, Anda dapat melakukan beberapa tes sederhana yang cepat untuk mendeteksi apakah bayi Anda memiliki gangguan pendengaran atau tidak, tanpa menyakiti atau membuatnya merasa tidak nyaman. Anda dapat melakukan tes ini saat bayi sedang terjaga, seperti dilansir dari Baby Centre berikut.

 

1.  Jika bayi Anda berusia kurang dari 3 bulan, tepuk tangan Anda di belakang kepalanya. Jika ia terkejut, artinya ia baik-baik saja. Ulangi beberapa kali tepukan jika ia tidak merespons hal ini.

 

2.  Jika bayi Anda berusia 4-6 bulan, panggil namanya untuk melihat apakah ia merespons ke arah suara Anda. Ia juga dapat melirik ke arah bola matanya atau menggerakkan kepalanya untuk mencari arah suara Anda.

 

3.  Pada rentang usia 6-10 bulan, bayi Anda akan mampu merespons ketika namanya dipanggil dan suara yang familiar, seperti dering telepon, jika ia tidak sibuk dengan hal-hal lain.

 

Jika Anda tidak yakin dengan tes yang Anda lakukan, konsultasikan segera dengan dokter Anda. Gangguan pendengaran juga dapat terjadi karena flu atau hanya karena Si Kecil memang sedang terlalu asyik dengan sesuatu. (Aulia/DMO/Dok. M&B)