Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Manfaat Mengonsumsi Pepaya Muda untuk Kesehatan

7 Manfaat Mengonsumsi Pepaya Muda untuk Kesehatan

Moms, Anda mungkin suka mengonsumsi pepaya matang dengan warnanya yang oranye dan punya rasa manis segar saat dimakan. Namun, pernahkah Anda mencoba mengonsumsi pepaya muda? Buah ini biasanya diolah menjadi masakan matang, salad sayuran, ataupun rujak.

Pepaya muda sendiri punya daging berwarna putih dan rasa getir saat dimakan. Namun, di dalamnya terkandung vitamin dan mineral seperti kalium, magnesium, vitamin A,C,B, dan E, serta enzim papain dan chymopapain yang baik untuk perut.

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi pepaya muda untuk kesehatan? Setidaknya ada 7 hal yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi pepaya muda, yakni:

1. Mencegah dehidrasi

Pepaya muda mengandung kalium. Kalium sendiri merupakan salah satu komponen elektrolit terbesar dalam darah, selain sodium dan klorida. Mencukupi asupan kalium dalam tubuh bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta membantu aktivitas otot jantung dan otot lainnya.

Baca juga: Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Kita

2. Menjaga saluran pencernaan

Pepaya muda bahkan kaya enzim papain, lebih banyak daripada pepaya matang. Kandungan ini tentu baik untuk membersihkan saluran cerna secara alami. Pepaya muda juga bermanfaat untuk melunakkan tinja karena kadar seratnya yang tinggi bisa membantu penyerapan cairan. Saluran kemih pun akan terbebas dari bakteri sehingga meminimalisir terjadinya infeksi.

3. Membantu detoksifikasi tubuh

Kandungan papain, chymopapain, enzim, dan fotonutrien lainnya pada pepaya muda mampu membantu detoksifikasi tubuh. Artinya, racun dalam tubuh Anda bisa terbuang dengan lebih mudah dan cepat dengan bantuan enzim-enzim tersebut. Enzim lateks yang terdapat dalam pepaya muda juga bagus untuk membantu membersihkan perut dan pencernaan dari limbah.

4. Mengatasi masalah kulit

Untuk Moms yang mencari cara mengatasi masalah kulit secara alami, mengonsumsi pepaya muda bisa menjadi pilihan. Karena proses pembuangan racun jadi lebih baik, maka masalah kulit seperti jerawat, iritasi, dan masalah pigmentasi pun bisa tertangani dengan cepat. Selain itu, pepaya muda mampu melembutkan sel kulit mati sehingga kulit jadi lebih lembap.

5. Kaya karotenoid

Sebuah studi yang dipublikasi di The British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa pepaya muda ternyata memiliki karotenoid yang bahkan lebih banyak daripada tomat dan wortel. Selain meningkatkan kekebalan tubuh hingga menurunkan risiko penyakit, kesehatan mata pun jadi lebih baik.

6. Memompa produksi ASI

Buat ibu menyusui, Anda disarankan untuk mengonsumsi pepaya, baik yang muda ataupun matang. Hal ini dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI dan meningkatkan kadar vitamin A dan C, serta kandungan asam folat, kalsium, dan enzim papain yang juga baik untuk Si Kecil.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti disebutkan bahwa pepaya muda dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan dalam tubuh. Karena itu, dengan mengonsumsi pepaya muda, kita akan terhindar dari infeksi, pilek, batuk, dan penyakit ringan atau berat yang sering mengintai saat sibuk dengan aktivitas sehari-hari. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)