Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Alat KB Baru untuk Wanita

Alat KB Baru untuk Wanita

Besarnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, membuat inovasi alat kesehatan kian berkembang, terutama alat untuk kesehatan wanita. Baru-baru ini, AS dikabarkan merancang sebuah cincin intravaginal yang secara perlahan dapat melepaskan obat anti-retroviral dan kontrasepsi. Alat tersebut berpotensi untuk melindungi wanita dari HIV, penyakit herpes, dan kehamilan yang tidak diinginkan.

 

Dilansir VOA News, cincin ini dirancang untuk dapat bertahan di tempatnya selama 3 bulan. Selain itu, alat ini juga memberikan dosis terkontrol dari obat-obatan yang pernah digunakan untuk kontrasepsi dan mencegah infeksi HIV.

 

Cincin intravaginal tersebut dikembangkan selama 5 tahun oleh Patrick Kiser dan tim, ahli biomedis di Northwestern University, AS.  Kiser mengatakan dalam jurnal PLoS ONE, ia dan timnya berharap cincin ini dapat memberi manfaat untuk para wanita, terutama untuk kepentingan kontrasepsi/KB. Selain itu, mereka juga akan mendapat perlindungan terhadap penyakit menular seksual lainnya. Saat ini, alat KB tersebut masih dalam proses produksi, dan akan segera diuji pada para wanita. (Aulia/DMO/Dok. VOA News)