Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Tips Memulai Kencan Kembali Setelah Bercerai

7 Tips Memulai Kencan Kembali Setelah Bercerai

Setelah bercerai, mungkin banyak hal yang Moms pertimbangkan ketika Anda ingin kembali menjalin sebuah hubungan baru dengan seorang pria. Mungkin Anda juga akan berpikir bahwa rasanya tidak mudah menyeimbangkan kehidupan mengurus Si Kecil dengan kehidupan cinta Anda.

Apalagi ketika pengasuhan anak sepenuhnya berada di tangan Anda sehingga Anda berpikiran bahwa dengan membuka hati pada cinta yang baru justru malah akan menambah beban dan tanggung jawab Anda.

Namun semua kekhawatiran itu sebenarnya bisa ditepis saat Moms tahu apa yang harus Anda lakukan ketika ingin kembali berkencan setelah bercerai. Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membangun sebuah hubungan baru yang sehat dengan cinta baru Anda.

1. Pastikan Anda sudah siap untuk kembali berkencan

Perceraian memang hal yang paling menyakitkan. Tak heran bila setelah bercerai seseorang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menata hatinya kembali sampai siap memulai suatu hubungan baru. Nah, saat Moms ingin kembali berkencan, pastikan Anda sudah benar-benar move on dari segala hal yang menyangkut mantan pasangan dan perceraian Anda ya, Moms!

2. Jujur dengan masa lalu Anda

Saat Anda ingin memulai hubungan baru setelah bercerai, pastikan Anda tidak menutup-nutupi masa lalu Anda seperti sudah bercerai, atau bahkan telah memiliki anak. Karena seperti kata pepatah, "Sepintar-pintarnya bangkai ditutupi, baunya tetap tercium juga", seiring waktu kebenaran tentu akan terungkap.

Anda tentunya tidak mau kan membuang-buang waktu karena hal ini? Jadi cobalah untuk selalu jujur dengan status dan keadaan Anda, dan pastikan untuk mencari pasangan yang menerima Anda apa adanya.

3. Tak perlu terburu-buru

Setelah bercerai, tentu Moms akan berhati-hati bila ingin memulai suatu hubungan, and it's okay, Moms! Mulailah secara perlahan dan tidak terburu-buru. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berkomunikasi dengan cinta baru Anda agar Anda bisa saling mengetahui satu sama lain dengan baik.

4. Jangan mengenalkan pacar baru Anda terlalu cepat

Menjalin hubungan baru setelah bercerai menjadi cukup rumit ketika Anda memiliki anak. Sama dengan Anda, Si Kecil juga butuh waktu untuk menata hatinya dan mengerti keadaan setelah orang tuanya bercerai untuk menerima keadaan baru dan orang baru dalam hidupnya. Maka saat Anda berkencan, Anda tak perlu mengenalkan si dia terlalu cepat.

Menurut Amy Morin, penulis buku 13 Things Mentally Strong Women Don't Do, sebelum mengenalkan pacar baru Anda pada Si Kecil, pastikan Anda telah mengenalnya setidaknya selama 6 bulan. Karena mengenalkan orang baru terlalu cepat dapat membuat Si Kecil bingung sampai bisa menimbulkan kecemasan.

5. Jangan terlalu pemilih

Setiap orang tentu memiliki kriteria yang berbeda-beda saat memilih pasangan hidupnya, entah itu berdasarkan fisik dan penampilan maupun soal sifat. Agar waktu Anda tak habis mencari pasangan baru yang benar-benar sesuai keuangan Anda, utamakanlah dahulu mencari si dia yang memiliki nilai dan visi yang sama dengan Anda, dan biarkan tipe-tipe pasangan ideal yang Anda mau berkembang seiring Anda menjalin hubungan dengannya.

6. Pastikan Anda tetap memiliki me time

Jangan sampai Moms kehilangan me time untuk diri Anda sendiri dan bersama Si Kecil karena berkencan setelah bercerai. Sisihkan dan atur waktu Anda sebaik mungkin untuk memiliki waktu yang berkualitas dengan Si Kecil, diri Anda, dan si dia.

7. Gunakan naluri Anda

Bila Anda memiliki firasat buruk tentang seseorang yang sedang Anda kencani, apalagi ia tidak menunjukkan ketertarikan yang sama, sebaiknya Anda beralih mencari sosok lainya yang bisa membuat Anda yakin dan nyaman dalam menjalin suatu hubungan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)