Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Kata-kata untuk Menenangkan Anak yang Takut Gelap

Kata-kata untuk Menenangkan Anak yang Takut Gelap

Moms, siapa dari Anda yang masih suka takut gelap? Memang menyebalkan ya Moms, berada di ruang gelap, apalagi jika dibarengi dengan membayangkan hal-hal yang menakutkan yang sebenarnya belum tentu terjadi atau nyata. Tapi sebagai orang dewasa tentu kita tahu bagaimana cara mengendalikan perasaan takut kita pada kegelapan, namun bagaimana dengan Si Kecil?

Takut akan gelap adalah hal yang lumrah dialami Si Kecil. Hal ini bisa terjadi karena ia belum bisa membedakan mana fantasi dan kenyataan di awal-awal kehidupannya. Ketika ia semakin besar, imajinasinya pun mulai berkembang, sejalan dengan kesadarannya pada apa yang terjadi di lingkungan yang ia lihat. Belum lagi bila Si Kecil telah terekspos dengan hal-hal yang menakutkan dari buku atau film, yang menggambarkan sesuatu yang menakutkan dengan kegelapan.

Nah, agar ia tetap merasa tenang dan tak merasa taku berlebihan saat berada dalam kegelapan, berikut kata-kata yang bisa Moms ucapkan untuk menenangkannya:

1. "Kamu berani, kok!"

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa afirmasi positif dapat membuat otak kita berpikir secara berbeda. Hal ini berarti saat kita memberi tahu diri sendiri tentang hal yang positif, kita akan mulai memercayainya. Begitu juga saat Si Kecil merasa ketakutan, Moms bisa mengatakan padanya bahwa ia pemberani dan ia mampu menangani ketakutannya.

2. "Mama bisa bantu apa Nak, agar kamu tidak takut?"

Ketika Moms menanyakan hal apa yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa takut Si Kecil, Anda berdua bisa menyusun rencana bersama. Berusahalah untuk mengetahui apa yang membuatnya takut dan mendengar ide Si Kecil untuk mengatasi rasa takutnya.

3. "Kamu aman sama Mama di sini."

Dari sekian banyaknya tugas yang Moms miliki sebagai ibu rumah tangga, melindungi atau menjaga Si Kecil adalah tugas utama Anda. Jadi seringlah mengecek kondisi Si Kecil dan meyakinkannya bahwa dengan berada di dekat Anda, ia akan selalu merasa aman.

4. "Sini peluk mama, Nak."

Kontak secara fisik dapat menenangkan tubuh dan membantu Anda dan Si Kecil untuk rileks. Daripada membuat ketakutannya semakin memuncak, lebih baik Moms mencoba untuk memeluknya dan menenangkan diri Anda dan Si Kecil.

5. "Tenang, kita coba tarik napas."

Ketakutan memiliki efek pada fisik Anda, di mana kondisi ini bisa membuat denyut jantung meningkat dan napas menjadi lebih pendek. Dengan mengajarkan Si Kecil untuk mengenali tubuh mereka saat berada pada 'mode siaga' dan membiasakannya untuk mengambil napas dalam-dalam secara perlahan, ini bisa membuatnya lebih tenang sehingga rasa takutnya berkurang.

6. "Yuk, kita selidiki bersama!"

Saat berada di ruang gelap dan Si Kecil curiga ada sesuatu hal yang membuatnya takut misalnya ada monster yang bersembunyi di lemarinya, Moms perlu mengajaknya untuk menyelidiki dan mencari bukti dari ketakutannya. Dengan begitu tak hanya rasa takutnya saja yang akan menghilang, Si Kecil pun bisa merasa nyaman dan aman.

7. "Mama tidak sabar ketemu kamu besok pagi"

Anak-anak terbiasa hidup pada momen yang benar-benar sedang ia hadapi pada saat itu juga. Namun sayangnya hal ini bisa membuatnya terperangkap dalam ketakutan. Ketika Si Kecil takut tidur dalam kondisi yang gelap, Moms bisa mengajaknya untuk fokus ke masa depan, yaitu esok pagi. Tanyakan pula apa yang ingin ia makan saat sarapan esok pagi dan jadwal sekolah yang akan dimilikinya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)