Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Nutrisi Super dalam Mangga dan Manfaatnya buat Kesehatan

Nutrisi Super dalam Mangga dan Manfaatnya buat Kesehatan

Moms, jika Anda perhatikan saat pergi berbelanja, baik di pasar maupun di supermarket belakangan ini, Anda mungkin akan melihat mulai banyak buah mangga yang dijual dan dijajakan. Ya, sudah mulai musim mangga lagi!

Mangga merupakan salah satu buah yang populer dan banyak penggemarnya. Harganya juga terjangkau dan ramah di kantong. Buah ini juga bisa diolah menjadi beragam menu, mulai dari jus, topping untuk overnight oats, mango sticky rice, hingga sambal mangga yang rasanya sangat eksotis!

Tidak hanya enak, mangga juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda dan keluarga lho, Moms. Nah, mumpung musim mangga, Moms dan keluarga bisa menikmati sepuasnya buah ini, karena kaya akan nutrisi. Apa saja sih, kandungan nutrisi dan manfaat mangga?

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Mangga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Salah satu vitamin yang banyak terdapat dalam mangga adalah vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu, ada juga vitamin A, B kompleks, D, E, dan K. Sedangkan mineral yang dikandungnya antara lain adalah kalium, magnesium, zat besi, kalsium, dan zinc.

Warna jingga dan kuning pada mangga berarti buah ini mengandung betakaroten yang dibutuhkan tubuh untuk membuat vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, kulit dan tulang. Adapun kalium di dalam mangga berguna mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh, selain membantu jantung, saraf dan otot tubuh berfungsi dengan baik. Mangga juga kaya akan pektin, serat makanan larut yang efisien untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga dapat membantu mencegah Anda dari kanker prostat.

Manfaat Buah Mangga

Dengan segudang nutrisi yang dikandungnya, tak heran jika mangga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, yakni:

1. Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan pada buah mangga dapat melindungi dari kanker payudara, leukimia, dan prostat. Senyawa ini meliputi quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, gallic acid, dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

2. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar pektin dan vitamin C dalam mangga dapat membantu menunrunkan kadar kolesterol.

3. Kesehatan Mata

Dalam satu cup mangga terkandung 25 persen vitamin A yang dibutuhkan seseorang untuk mencegah kebutaan pada malam hari dan menghindari mata kering.

4. Meningkatkan Memori Anak

Mangga merupakan sumber asam glutamin yang baik. Jika anak rutin mengonsumsi mangga, buah ini akan memasok asam glutamin pada Si Kecil yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan ingatannya.

5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada mangga membantu penyembuhan anemia, khususnya pada Si Kecil. Mangga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dan mencegah anemia pada Si Kecil.

6. Melancarkan Pencernaan

Tidak hanya pepaya saja yang dapat memperlancar pencernaan Anda. Mangga juga kaya akan serat yang dapat membantu Anda mengatasi sembelit.

7. Kekebalan Tubuh

Jumlah vitamin C dan vitamin A yang  banyak terdapat dalam mangga juga berfungsi untuk membuat sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat.

8. Meningkatkan Berat Badan

Si Kecil memiliki tubuh mungil? Saatnya Anda beli mangga sekarang juga. 150 gram mangga bisa memberikan Si Kecil sekitar 86 kalori. Tubuhnya dapat dengan mudah menyerap kalori dan meningkatkan berat badannya.

9. Mengendalikan Gula Darah

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Oklahoma State University, mangga mengandung banyak mineral dan fitokimia yang ditemukan memiliki efek positif pada lemak tubuh dan glukosa. Mangga juga sumber betakaroten dan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan sakit jantung. (M&B/SW/Dok. Freepik)