Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Moms, bagi Anda yang suka membuat kue, Anda tentu sudah tak asing lagi dengan baking soda. Baking soda atau natrium bikarbonat memang biasa digunakan untuk membuat kue karena memiliki sifat ragi yang bisa membuat adonan mengembang dengan menghasilkan karbon dioksida.

Selain digunakan untuk membuat kue dan masakan lainnya, baking soda masih memiliki beragam manfaat lainnya, seperti untuk perawatan tubuh, membersihkan alat rumah tangga, hingga manfaat untuk kesehatan lho, Moms. Yuk, kita intip lebih jelasnya berbagai manfaat baking soda berikut ini.

1. Sebagai Obat Kumur

Selain menyikat gigi, tak jarang berkumur juga dimasukkan dalam rutinitas untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nah, baking soda ini ternyata bisa lho Moms, dijadikan obat kumur, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa baking soda dapat membantu menyegarkan napas Anda, bahkan memberikan sifat antibakteri dan antimikroba. Selain itu berkumur dengan baking soda juga dapat membantu meredakan sariawan di mulut.

2. Memutihkan Gigi

Baking soda dikenal sebagai obat rumahan untuk memutihkan gigi. Beberapa penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak daripada pasta gigi yang tidak mengandung baking soda.

Hal ini kemungkinan karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat mengurangi noda pada gigi. Selain itu baking soda juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya.

3. Sebagai Deodoran

Pada dasarnya keringat itu tidak berbau. Keringat menjadi bau bila adanya bakteri yang mungkin hidup di kulit, misalnya ketiak. Bakteri ini mengubah keringat Anda menjadi produk limbah asam yang membuat keringat berbau. Nah, baking soda dapat membantu menghilangkan bau keringat dengan mengurangi keasaman baunya.

4. Meredakan Kulit Gatal dan Terbakar

Mandi menggunakan baking soda diketahui dapat meredakan gatal-gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah. Selain itu rasa gatal akibat sengatan sinar matahari juga bisa mereda dengan baking soda. Beberapa orang bahkan percaya bahwa mencampurkan baking soda dengan tepung maizena dan oatmeal bisa lebih efektif mengatasi rasa gatal akibat sengatan matahari.

5. Membantu Pengobatan Jenis Kanker Tertentu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa baking soda dapat membantu obat kemoterapi bekerja lebih efektif. Baking soda dapat membuat asam pada area tumor berkurang. Namun bukti tersebut terbatas pada indikasi awal dari penelitian hewan dan sel, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian berbasis manusia.

6. Menetralkan Bau Tak Sedap pada Kulkas

Baking soda diketahui dapat membantu menyegarkan lemari es yang bau dengan menetralkan bau tak sedap. Baking soda akan berinteraksi dengan partikel bau untuk menghilangkannya, bukan hanya menutupi baunya sementara.

7. Membersihkan Peralatan Dapur

Baking soda dapat membantu menghilangkan noda membandel pada oven, cangkir kopi, panci, ubin dapur, microwave, sampai membersihkan saluran tersumbat pada tempat cuci piring.

8. Membersikan Buah dan Sayuran

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa merendam buah dan sayuran dalam larutan baking soda merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan pestisida tanpa harus mengupas kulitnya. Sementara studi lain menemukan bahwa merendam apel dalam larutan baking soda dan air selama 10-15 menit dapat menghilangkan hampir semua pestisida yang ada pada buah tersebut.

9. Memperlambat Perkembangan Penyakit Ginjal Kronis

Sebuah penelitian yang melibatkan 134 orang dewasa dengan penyakit ginjal kronis menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen natrium bikarbonat (baking soda), memiliki kemungkinan 36% lebih kecil untuk mengalami perkembangan penyakit yang cepat daripada orang yang tidak mengonsumsi suplemen natrium bikarbonat.

10. Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi memiliki berbagai permukaan yang sering digunakan sehingga perlu rutin dibersihkan. Untuk membersihkan ubin kamar mandi, toilet, shower, bak mandi, atau wastafel kamar mandi, Anda bisa dengan mudah menggunakan baking soda. Buatlah pasta baking soda dan campur dengan air, lalu gosok pada permukaan yang ingin dibersihkan menggunakan kain atau spons. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)