Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jarang Dimasak, 5 Sayuran Lokal ini Padahal Enak dan Bergizi

Jarang Dimasak, 5 Sayuran Lokal ini Padahal Enak dan Bergizi

Moms, masak sayur apa Anda hari ini? Bayam, kangkung, sawi? Sayuran memang makanan yang perlu kita konsumsi setiap hari. Bukan sesuatu yang sulit rasanya mengonsumsi sayuran, mengingat negara kita ditumbuhi berbagai macam tumbuhan yang kaya gizi dan nutrisi.

Sayangnya, ada beberapa jenis sayuran yang mungkin hampir tidak pernah Anda dengar lagi kini, ya, karena memang sudah sangat jarang dimasak akibat mulai berkurang peminatnya. Padahal sayur-sayur tersebut punya rasa yang tak kalah enak dan kaya gizi. Apa saja sih, sayur-sayur tersebut?

1. Kenikir

Daun ini sering disantap sebagai lalapan makanan, campuran pecel, maupun tumis. Selain punya cita rasa yang khas, kenikir atau biasa disebut ulam raja dikenal juga sejak lama sebagai tanaman obat di masyarakat Indonesia.

Daun kenikir mengandung nutrisi seperti saponin, plavonoid, minyak atsiri, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan vitamin A. Setiap 100 gram kenikir segar mengandung antioksidan yang sama dengan 2.400 miligram asam L-askorbik. Daun ini juga memiliki efek antidiabetes dan bisa menambah nafsu makan anak.

Baca juga: 5 Sayuran yang Punya Banyak Manfaat untuk MPASI Bayi

2. Genjer

Pernah dengar tentang daun genjer kan, Moms? Namun, kita memang sudah sangat jarang menemui sayuran yang terbuat dari daun ini, ya. Genjer mungkin hanya bisa kita jumpai di pasar tradisional dan jarang sekali ditemui di supermarket, karena tanaman ini kebanyakan tumbuh di area pedesaan.

Namun, selain nikmat dijadikan olahan masakan tumis, genjer punya segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Daun genjer kaya nutrisi, seperti protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Sayuran ini juga kaya serat yang mampu menjaga saluran sistem pencernaan. Genjer bisa dimanfaatkan antara lain untuk mengatasi anemia, menjaga saluran cerna, menurunkan kadar gula, serta menyehatkan gigi dan tulang.

3. Katuk

Manfaat katuk yang terkenal adalah melancarkan produksi ASI buat ibu menyusui. Padahal manfaatnya bukan cuma itu, karena katuk yang bisa dibuat sayur bening atau ditumis ini mengandung beragam nutrisi lain yang penting untuk tubuh. Daun katuk mengandung vitamin A,B, dan C, lemak, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Karena kandungannya tersebut, tak heran jika katuk punya banyak khasiat, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati luka, mencegah osteoporosis, dan menurunkan kolesterol. Sttt, buat kaum pria, daun katuk juga bisa untuk meningkatkan vitalitas juga, lho!

Baca juga: 8 Sayuran Paling Menyehatkan dan Baik untuk Tubuh Anda

4. Kelor

Selain dibuat sayur, daun kelor juga sudah lama digunakan untuk ramuan maupun pengobatan tradisional. Namun, yang belum banyak diketahui orang, ternyata secara ilmiah daun kelor juga punya banyak manfaat karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Daun yang juga disebut dengan nama moringa ini dipercaya bisa membantu menjaga kadar gula darah serta punya kandungan antioksidan tinggi. Kandungan nutrisi daun kelor pun tak kalah baiknya. Dilansir dari laman Healthline, daun kelor kaya kandungan vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, protein, hingga zat besi, yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

5. Pakis

Pernah mencoba sayur pakis? Bagaimana rasanya, enak kan, Moms? Ya, pucuk-pucuk muda daun pakis yang biasa diolah menjadi gulai pakis ini memang unik dan punya rasa yang khas. Namun, ternyata tidak banyak orang yang tahu tentang khasiat sayur ini buat kesehatan.

Dilansir dari Healthy Focus, pakis rendah karbohidrat dan lemak, tapi kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, potasium, dan mangan. Karena itu, khasiatnya buat kesehatan tubuh pun banyak, misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan kardiovaskuler, sel darah marah, menjaga kadar gula darah, dan menjaga kesehatan mata.

Nah, dari kelima sayur tersebut di atas, ada yang rencananya akan Anda masak hari ini, Moms? (M&B/SW/Foto: Freepik)