Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Kejutan dari Anak

Kejutan dari Anak

Ketika menjadi orangtua, hidup Anda akan mengalami perubahan. Kehadiran Si Kecil di tengah keluarga akan membuat suasana rumah semakin meriah dengan tingkahnya yang menggemaskan dan celotehannya yang ramai. Dan seiring pertumbuhan Si Kecil, Anda akan menemukan beberapa kejutan darinya. Dilansir melalui Babycenter, berikut 7 hal tersebut.

 

1.  Aku sayang Mama
Anda mungkin selalu mengajarkan pada Si Kecil untuk mengungkapkan perasaan cintanya kepada Anda. Namun, ketika ia pertama kalinya mengucapkan hal tersebut, Anda pasti akan terkejut dan wajah polosnya akan melelehkan hati Anda.

 

2.  Aku sudah tidak bisa dipangku
Akan tiba waktunya Si Kecil sulit dipangku lagi oleh Anda saat nonton film bersama atau membacakan cerita untuknya, karena bobot tubuhnya yang sudah mulai 'berat'. Sebagai orangtua, Anda pasti merasa sedih ketika saat itu datang. Walaupun begitu, Anda masih bisa memeluknya di pagi hari ketika ia masih tertidur nyenyak.

 

3.  Aku mau main sendiri
Biasanya ketika Anda ke kamar mandi, Si Kecil selalu berceletoh nyaring di depan pintu kamar mandi sembari menunggu Anda keluar. Namun, ketika Anda tidak lagi mendengar suaranya saat di kamar mandi, Anda mungkin sedikit cemas, lalu buru-buru keluar untuk melihat kondisi Si Kecil. Apa yang Anda temukan? Ternyata, Si Kecil sedang asyik bermain sendirian. Ia pun akan mulai lebih sering bermain di kamarnya sendiri tanpa mengajak Anda. Bila hal itu terjadi, cobalah untuk tidak terlalu kecewa sebab itu adalah bagian dari perkembangan dirinya menjadi lebih mandiri.

 

4.  Aku ingat!
Saat Anda sibuk mencari di mana Anda menaruh kunci atau hadiah apa yang diberikan pada sepupunya 2 minggu yang lalu, Si Kecil akan membantu Anda mengingatnya. Ya, saat Si Kecil memasuki usia di atas 2 tahun, ia akan berbagi kepada Anda, apa saja yang dilihat dan dipelajarinya, termasuk saat Anda melupakan sesuatu.

 

5.  Mama jahat!
Akan ada waktunya ketika Si Kecil sudah cukup lancar berbicara, ia akan mengatakan sesuatu yang mungkin akan menyakiti hati Anda. Padahal sebenarnya, ia hanya ingin mengutarakan isi hatinya tanpa bermaksud menyakiti Anda. Jadi, siapkan diri Anda bila tiba-tiba ia berkata kalau ia membenci Anda. Ia pun akan mengatakan beberapa hal yang akan membuat Anda malu, misalnya, “Mama bau!” atau “Mama malas sikat gigi.” Jika itu terjadi, tetaplah tenang dan jelaskan secara baik-baik kepada Si Kecil bahwa mengatakan hal-hal seperti itu tidak baik serta dapat menyakiti hati orang lain.

 

6.  Aku sudah berani
Bila saat anak Anda lebih kecil usianya dari sekarang dan takut terhadap sesuatu, misalnya, tidur dengan lampu dimatikan, kemungkinan ia akan menjadi lebih berani dan melakukan hal yang dahulu ditakutinya. Bersiaplah untuk memuji dan mendengarkan celotehan rasa bangganya.

 

7.  Menjadi lebih baik
Karena anak Anda selalu memperhatikan tingkah laku Anda, Anda pun akan semakin menjaga ucapan, menjadi lebih baik kepada orang-orang di sekitar Anda, serta mulai memperhatikan kesehatan tubuh. Ini merupakan salah satu dari kejutan Si Kecil untuk Anda, yaitu membuat Anda menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. (Sagar/DMO/Dok. M&B)