Type Keyword(s) to Search
BABY

Jus Buah Sebabkan Bayi Diare?

Jus Buah Sebabkan Bayi Diare?

Buah memang salah satu asupan bergizi untuk tubuh. Namun ingat, jangan memberikannya jus buah dalam porsi terlalu banyak, karena dapat menyebabkan bayi diare. Hal ini disebabkan jus buah mengandung sorbitol, yaitu senyawa di dalam gula yang sulit dicerna. Bila tingkat sorbitol tinggi, untuk mencairkan gula, tubuh harus menarik air dari aliran darah ke dalam usus, sehingga feses pun mejadi cair. Oleh karena itu, jus buah-buahan, seperti apel, pir, dan ceri dapat membantu mencegah terjadinya sembelit.

 

Batasi pemberian jus buah pada bayi Anda yang masih berusia 1 tahun, yaitu sekitar 3/4 gelas kecil dalam sehari.  Sebaiknya, jangan berikan jus buah kepada bayi di bawah usia 1 tahun. Karena selain menyebabkan sakit perut, terlalu banyak minum jus dapat menyebabkan pola makan Si Kecil berantakan serta membuat giginya menjadi rusak.

 

Anda bisa memberikan Si Kecil 2 buah setiap hari. Jika salah satunya disajikan dengan jus, berikan yang lainnya dalam kondisi yang masih segar, supaya Si Kecil mendapatkan asupan berserat dan nutrisi tambahan. Selain itu, membatasi konsumsi jus buah membuat Si Kecil tidak minum terlalu banyak di antara waktu makannya. Untuk menggantikan jus, Anda bisa memberinya air putih. (Sagar/DMO/Dok. M&B)