Type Keyword(s) to Search
BABY

Bayi Sering Memuntahkan Makanan

Bayi Sering Memuntahkan Makanan

Menginjak usia 6 bulan, bayi bisa mulai dilatih mengonsumsi makanan yang dihaluskan. Tetapi jangan heran, bila tiba-tiba ia memuntahkan makanannya saat disuapi atau dikenal dengan istilah medis, refluks. Ketika bayi Anda makan, ada respons otomatis untuk mengeluarkan lidahnya ketika sesuatu masuk menstimulasi tenggorokannya. Ini bukan berarti ia tidak suka makanan yang Anda berikan, tetapi ia hanya sedang membiasakan diri untuk makan.

 

Saat Anda ingin menyuapinya makanan, cobalah untuk membuat Si Kecil tetap tenang. Hindari langsung menyuapinya sesendok penuh makanan, namun taruh ujung sendok ke mulutnya. Dengan cara ini, ia akan mengecap makanan tersebut dengan lidahnya, lalu dapat menelan makanan tanpa merasa 'dipaksa' untuk menelannya. Biasanya dalam beberapa kali percobaan, ia akan mulai menggunakan lidahnya untuk membantu makanan tersebut tertelan ke dalam mulutnya. Jika tidak berhasil dan ia tetap memuntahkan makanannya lagi, jangan memaksa Si Kecil untuk menghabiskan makanannya.

 

Anda bisa terus mencoba memberinya makanan dengan perlahan di waktu yang lain. Semakin sering ia dilatih untuk makan, maka ia akan semakin terbiasa dan mulai mengurangi perilaku memuntahkan makanan tersebut. Namun, dilansir melalui Babycenter, bila ia terus melakukan hal tersebut, segera konsultasikan ke dokter. Anda juga bisa memeriksakan kondisi Si Kecil ke bagian penanganan masalah fisik untuk lebih tahu apa yang sebenarnya terjadi. (Sagar/DMO/Dok.  M&B)