Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Penting Menjaga Kesehatan di Usia 40-an Tahun

5 Tips Penting Menjaga Kesehatan di Usia 40-an Tahun
Ikuti 4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Di Usia 40-an Tahun!

Tidak bisa dimungkiri, makin bertambahnya usia, kemampuan tubuh pun perlahan-lahan akan mengalami penurunan. Begitu pun saat memasuki usia 40 tahun, Moms. Meskipun banyak yang mengistilahkan Life begins at 40, kenyataanya usia ini adalah masa ketika banyak risiko penyakit mulai meningkat dan mesti Anda waspadai.

Di usia ini juga laju metabolisme tubuh Anda mulai menurun, sehingga berat badan menjadi mulai sulit dikontrol. Selain itu, di usia ini Anda akan mulai mengalami perubahan hormon yang bisa menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan massa otot hingga penurunan dorongan seksual dan suasana hati.

Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjalani pola hidup sehat, terutama saat memasuki usia 40-an tahun. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat memasuki usia 40-an tahun yang bisa Anda ikuti. Yuk, simak, Moms!

1. Menjaga pola makan

Makin bertambahnya usia, tubuh mulai mengabaikan hormon insulin yang berperan untuk mengontrol kadar gula darah. Hal ini akan mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat karena sel tubuh tidak bisa menggunakannya.

Jika dibiarkan, kondisi semacam ini akan meningkatkan risiko penyakit diabetes melitus tipe 2. Karena itu, sangat penting untuk menjaga asupan makan, seperti menghindari konsumsi karbohidrat secara berlebihan serta memperbanyak konsumsi serat, protein, dan lemak sehat untuk menjaga tubuh tetap sehat.

2. Olahraga secara rutin

Pada dasarnya, berolahraga secara rutin tidak hanya harus dilakukan oleh orang-orang yang berusia 40-an tahun, tapi juga semua orang usia di berapa pun. Namun, olahraga yang dilakukan tetap perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing.

Misalnya, untuk orang yang memiliki berat badan berlebih, hindari olahraga yang membebani lutut, seperti berlari. Lebih baik Anda mencoba untuk berenang yang akan membuat seluruh tubuh aktif bergerak dan tidak membebani salah satu bagian tubuh. Selain berenang, Anda juga bisa mencoba untuk bersepeda. Hindari olahraga berkompetisi seperti bulu tangkis, futsal, atau bola basket karena bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

3. Perbanyak minum air putih

Tak hanya berdampak buruk pada kesehatan tubuh, kurang minum air putih juga bisa berdampak kurang baik buat kulit. Memenuhi kecukupan cairan tubuh akan membantu menunda proses tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kulit kendur, serta menjaga kulit tetap cerah dan terlihat segar.

4. Tidur yang cukup

Saat memasuki usia 40 tahun, alangkah baiknya untuk mengatur pola tidur agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Lakukan kebiasaan menjelang tidur yang baik, seperti tidak mengonsumsi kafein, menjauhkan smartphone Anda, dan tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal ini dilakukan dengan maksud agar tidur Anda jadi lebih nyenyak dan mendapatkan kualitas tidur yang baik, selama 7-8 jam per hari.

Baca juga: 9 Tips untuk Tidur Malam yang Berkualitas dan Lebih Nyenyak

5. Cek kesehatan secara rutin

Ingat, risiko terserang berbagai macam penyakit mulai meningkat di usia 40-an tahun, Moms. Untuk itu, Anda perlu mulai serius memperhatikan angka-angka yang mempresentasikan kondisi kesehatan Anda, seperti berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar gula darah. Mengetahui dengan pasti angka-angka tersebut bisa membantu Anda mencegah ancaman penyakit yang mengintai. Karena itu, jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan Anda secara rutin, ya.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di usia 40-an tahun. Semoga bermanfaat, Moms!

Baca juga: 7 Masalah Kesehatan yang Membahayakan Kehidupan Seks Anda

(M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Yanalya/Freepik)