Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sedang Menstruasi? Hindari Dulu 6 Makanan Ini, Moms

Sedang Menstruasi? Hindari Dulu 6 Makanan Ini, Moms

Saat mengalami menstruasi, wanita sering kali mengalami perut kram dan seluruh badan terasa sensitif. Selain itu, peningkatan kadar hormon progesteron bisa memicu meningkatnya nafsu makan, sehingga godaan untuk menikmati makanan manis makin tinggi sebagai salah satu cara untuk meredam gejolak emosi yang dirasakan saat menstruasi.

Gejala tidak menyenangkan lainnya yang kerap dialami saat menstruasi adalah sakit kepala, mual, badan letih, dan diare. Kombinasi gejala ini pula yang bisa membuat Moms tak jarang mengalami perubahaan suasana hati atau mood yang ekstrem.

Agar seluruh hal yang tidak nyaman ini bisa diminimalisir, Moms perlu memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Walaupun banyak makanan yang menggugah selera, sebaiknya hindari dahulu beberapa makanan dan minuman berikut ini selama menstruasi belum selesai. Apa sajakah itu?

1. Junk food

Rendah nutrisi tapi mengandung kadar kalori dan garam yang tinggi membuat junk food jadi musuh bagi Moms yang sedang menstruasi. Belum lagi segala lemak tidak sehat yang dimilikinya. Makanan tipe ini bisa menyebabkan kembung serta berkumpulnya cairan di pembuluh darah.

2. Kafein

Hindari konsumsi teh dan kopi karena kandungan kafein di dalamnya bisa memicu perasaan gelisah sekaligus membuat Moms sulit tidur di malam hari. Dalam beberapa kasus, menurunkan konsumsi kafein juga bisa membantu mengurangi nyeri pada payudara sebagai salah satu efek menstruasi.

Selain itu, mengonsumsi kafein bisa membuat produksi asam lambung meningkat sehingga mengakibatkan sakit maag. Hal ini tentu saja tidak Anda inginkan terjadi bersamaan dengan menstruasi datang. Karena itu, Moms mesti berpisah dahulu dengan minuman kopi yang Anda senangi tapi mengandung kafein ini.

3. Alkohol

Makanan atau minuman beralkohol harus dihindari demi mencegah munculnya gejala premenstrual syndrome (PMS). Tak hanya itu, alkohol bisa membuat kadar gula darah jadi turun. Hasilnya, Moms akan jadi sensitif hingga mudah emosi, merasa lelah, gelisah, bahkan menderita sakit kepala.

4. Produk gandum olahan

Contoh dari produk gandum olahan adalah kue, roti putih, dan biskuit. Akibat proses pengolahan yang panjang, gandum olahan ini jadi tidak sesehat gandum murni, sehingga mengonsumsi makanan ini bisa mengganggu kadar gula darah sekaligus nafsu makan Anda. Sebaiknya konsumsi saja makanan yang mengandung gandum murni, seperti oatmeal dan nasi merah.

5. Makanan kaleng

Kadar sodium yang tinggi bisa membuat perut terasa kembung saat menstruasi. Inilah yang menyebabkan makanan kaleng harus Anda hindari, Moms. Di saat seperti ini, Anda justru sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi, seperti sayur, kacang-kacangan, dan ikan.

6. Makanan manis

Saat stres ataupun sedang dalam suasana hati yang buruk, makanan manis merupakan teman yang tepat untuk mengobati kedua hal tersebut. Namun, makanan jenis ini tidak cocok saat Anda sedang menstruasi. Cokelat, es krim, maupun makanan manis lainnya, justru akan bisa membuat kadar gula darah jadi tidak stabil. Makanan manis yang lebih cocok untuk Anda konsumsi contohnya adalah buah dan yoghurt. (M&B/Oktavia Putri/SW/Foto: Freepik)