Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Anak Bebas Berimajinasi

Anak Bebas Berimajinasi

Tahun-tahun pertama kehidupan anak adalah hal yang paling penting baginya. Apa pun yang Anda lakukan bersama Si Kecil, misalnya membaca, bernyanyi, bermain, makan, dan berjalan, berkaitan erat dengan perkembangan otaknya. Melibatkannya dalam berbagai aktivitas yang dapat menstimulasinya akan mengembangkan hubungan di dalam jaringan otak Si Kecil, yang nantinya  dapat membantu Si Kecil dalam berpikir dan mempelajari sesuatu.

 

Alasan mengapa waktu ini sangat penting bagi perkembangan mental anak adalah otak anak akan lebih padat saat mereka sudah lebih besar. Hubungan dalam jaringan otaknya pun akan permanen berada di dalam otaknya. Jadi, bila Anda terus melibatkan Si Kecil dalam banyak kegiatan, pikirannya akan lebih terbuka dan ia pun jauh lebih bersemangat melakukan banyak hal. Dengan Anda membiarkan ia bermain dengan imajinasinya, Anda berperan serta memicu otaknya untuk menempa imajinasinya sendiri.

 

Dilansir dari Babycenter, Anda dapat membantu mengembangkan imajinasi Si Kecil dengan membacakan cerita yang berlatar-belakang orang-orang dan tempat yang tidak dikenalnya. Ketika ia secara natural mengimajinasikan cerita tersebut, ia pun akan memperluas kosakata dan visual yang ada di dalam cerita. Nah karenanya, pilihlah buku yang ukurannya relatif besar dengan gambar yang berwarna-warni.

 

Gunakan juga suara yang berbeda-beda pada setiap karakter dan gali imajinasinya dengan bertanya apa yang kira-kira akan terjadi pada karakter tersebut. Sebaiknya, batasi waktu Si Kecil menonton televisi atau DVD, karena ia hanya akan menikmati imajinasi yang sudah disajikan dan kurang menggunakan imajinasinya sendiri. (Sagar/DMO/Dok. M&B)