Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Bahan MPASI yang Sering Bikin Bayi Kembung

5 Bahan MPASI yang Sering Bikin Bayi Kembung

Rewel, mudah menangis, dan nafsu makannya pun bisa berkurang! Ya, begitulah kalau perut bayi sedang kembung. Apa sih, yang memicu perut kembung pada bayi? Salah satu pemicu utamanya adalah makanan yang ia konsumsi, Moms. Ada beberapa jenis makanan yang sering memicu bayi kembung. Mau tahu apa saja? Baca penjelasannya berikut ini, Moms!

1. Makanan asin

Moms pasti sudah tahu kalau MPASI anak di bawah 1 tahun sebaiknya tidak diberikan garam dan gula tambahan. Selain karena fungsi ginjalnya belum sempurna, makanan asin juga memicu perut bayi kembung. Maka agar lebih aman, kurangi pemberian MPASI kemasan untuk Si Kecil karena mungkin mengandung sodium yang bisa memicu perut kembung.

2. Produk susu

Aneka produk susu atau dairy products memang sehat dan enak untuk orang dewasa dan anak. Namun, buat bayi di bawah 1 tahun, mencerna produk susu bukan perkara mudah, lho.

Hal ini makin parah jika anak Anda ternyata mengalami intoleransi laktosa. Pemberian MPASI yang mengandung produk susu bagi bayi bisa memicu perut kembung, sakit perut, dan bahkan diare, Moms.

Selain itu, produk susu juga kerap menjadi alasan utama anak buang angin (kentut) lebih sering dari seharusnya. Bahkan jika bayi Anda tidak mengalami intoleransi laktosa, ia bisa lebih mudah kembung dan pencernaannya tidak nyaman jika diberikan produk susu.

3. Gluten

Banyak anak yang langsung kembung dan sakit perut jika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, terlebih jika anak tersebut masih di bawah 1 tahun. MPASI mengandung gluten juga bisa menyebabkan anak mengalami konstipasi, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Komponen utama dalam makanan yang mengandung gluten adalah gliadin, sejenis protein yang sulit dicerna di saluran cerna bayi. Gliadin ini adalah jenis protein yang memecah mikrovili di dinding saluran cerna, dan ketika mikrovili terpecah, ia tidak bisa menghasilkan enzim yang diperlukan untuk mencerna gluten. Nah, agar ini tidak terjadi pada bayi Anda, hindari pemberian MPASI yang mengandung gluten ya, Moms.

4. Legum

Legum adalah tanaman dari keluarga Fabaceae, seperti kembang kol, kubis, brokoli, asparagus, dan seledri. Jenis tanaman ini memang dikenal sebagai sumber karbohidrat, tapi tubuh bayi ternyata masih sulit untuk mencernanya. Akhirnya, legum terfermentasi di saluran cerna dan menghasilkan gas berlebih. Kalau sudah begini, perut bayi pun jadi kembung dan tidak nyaman, Moms.

5. Apel

Buah yang satu ini memang enak dan punya banyak manfaat untuk anak. Namun, jika Si Kecil jadi lebih sering kembung setelah makan apel, maka sebaiknya Moms tidak sering-sering memberinya MPASI berbahan apel. Apel memiliki kadar sorbitol dan fruktosa yang tinggi. Keduanya bisa mengganggu saluran cerna anak. Sebagai gantinya, pilih buah yang juga tinggi nutrisi seperti pisang dan berries yang tidak menyebabkan kembung pada bayi. (M&B/Tiffany/SW/Foto: Freepik)