Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Masalah Kesehatan Unik di Sekitar Kita

Masalah Kesehatan Unik di Sekitar Kita

Anda mungkin sering mendengar atau bahkan mengalami penyakit-penyakit umum, seperti, pilek, batuk, diare, ataupun pusing. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak kasus-kasus masalah kesehatan 'unik' yang membuat orang-orang langsung berkonsultasi ke dokter? Ya, ternyata ada banyak masalah kesehatan yang mungkin akan membuat Anda tertawa saal mendengarnya, tetapi benar-benar terjadi pada sebagian orang. Dilansir melalui Dailymail UK, ada 3 masalah unik yang membuat para pengidapnya kerepotan dan segera pergi ke dokter, karena khawatir penyakit tersebut merupakan gejala awal penyakit berbahaya.

 

Cashpoint amnesia
Terlalu banyak membuat password di jejaring sosial, sehingga bingung apa PIN ATM Anda? Jangan khawatir, karena bukan hanya Anda yang merasakannya. Saat ini, semakin banyak orang yang datang berkonsultasi ke dokter, karena mereka melupakan PIN ATM mereka dan menganggap itu adalah awal dari penyakit alzheimer atau dementia. Namun, menurut Prof. Michael Saling, direktur rumah sakit neuropsychology di Austin Hospital, Australia, mereka hanyalah mengidap 'melindungi kode secara berlebihan' saja. “Pikiran Anda dapat mendadak kosong saat Anda akan menekan PIN ATM di tengah antrean sambil memegang banyak belanjaan adalah hal yang wajar. Otak memang sulit untuk menyimpan dan mengingat angka-angka tersebut secara cepat,“ ujarnya.

 

Ear worm
Ear worm merupakan kondisi saat sebuah lagu secara terus-menerus terdengar oleh Anda. Nama ini diambil dari sebuah kata bahasa Jerman, "ohrwurm", yang menggambarkan kondisi ini. Ini sedikit berbeda dari kondisi saat Anda memang menyukai lagu tersebut, sebab dalam beberapa kasus ekstrem, lagu atau musik tersebut terus bermain di benak Anda dan terdengar seperti nyata. Ear worm dapat menyebabkan insomnia dan menghambat konsentrasi secara signifikan. Pada 2005, reportase dari para investigator Wels dalam jurnal Psychopathology mengingatkan kondisi ini marak terjadi, karena meningkatnya pemutaran musik di radio, televisi, elevator, tempat olahraga, dan pusat perbelanjaan.

 

Jalaproctitis
Jalaproctitis adalah sensasi panas yang terasa di bagian dubur akibat konsumsi makanan pedas, seperti kari. Masalah ini sering kali menyerang pencinta makanan pedas. Laporan dari tim New England Journal of Medicine yang dipimpin oleh Richard L. Bauer menyebutkan bahwa rasa sakit dan ketidaknyamanan tersebut disebabkan oleh adanya sedikit dari senyawa kimia dalam cabai, capsaicin, yang terserap saat makanan tersebut melewati saluran pencernaan manusia. (Sagar/DMO/Dok. M&B)