Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Posisi Tidur Suami Istri dan Maknanya pada Hubungan Pernikahan

Posisi Tidur Suami Istri dan Maknanya pada Hubungan Pernikahan

Saling berhadapan, saling membelakangi, berubah-ubah? Posisi tidur suami istri ternyata bisa menyiratkan hubungan rumah tangga lho, Moms. Tanpa Anda sadari, suasana keharmonisan rumah tangga turut memengaruhi posisi tidur Anda dan suami. "Tidur sangat penting untuk kesehatan, dan posisi tidur Anda sama pentingnya dengan kualitas tidur, kesehatan tubuh, dan hubungan rumah tangga Anda dan pasangan," ujar dr. Diana Gall dari Doctor-4-U.

Menurut dr. Diana, posisi tidur bisa menggambarkan betapa bahagianya suatu pasangan atau bahkan betapa bermasalahnya pasangan tersebut. Seperti apa posisi tidur Anda dan artinya? Dilansir dari Healthline, ketahui makna di balik posisi tidur Anda dan pasangan yuk, Moms!

1. Berhadapan, saling menyentuh

Posisi tidur dengan kepala sejajar, tubuh saling berhadapan dan bersentuhan menunjukkan pasangan ini sangat dekat dan menjalani hubungan bahagia dan menyenangkan. Namun, di lain sisi, ini bukan posisi tidur yang sehat, karena saling menghirup udara yang dikeluarkan dari hidung pasangan. Menurut penelitian dari University of Hertfordshire, sekitar 4 persen pasangan tidur dengan posisi seperti ini.

2. Saling memunggungi, ada sentuhan

Posisi ini juga sering disebut dengan istilah back kissing, di mana pasangan tidur saling membelakangi, tapi tetap ada bagian tubuh yang saling bersentuhan. Posisi nyaman ini bisa menunjukkan kedekatan hubungan dan lebih sering dilakukan oleh pasangan yang telah menikah selama setahun. Sedangkan jika saling membelakangi dan tidak ada sentuhan, bisa diartikan pasangan tersebut saling terhubung dan ingin kebebasan dalam menjalankan rumah tangga.

3. Berjauhan

Pasangan ini tidur dengan posisi saling berjauhan, bahkan kakinya bisa keluar dari tempat tidur. Posisi yang sering disebut cliffhanger ini mengindikasikan adanya masalah serius pada hubungan rumah tangga mereka. Sebuah survei pada 1.000 orang menguak fakta bahwa makin berjauhan posisi tidur pasangan, makin buruk hubungan mereka.

4. Pelukan kaki

Walau tubuh tidak saling bersentuhan, kaki Anda dan pasangan saling berpelukan erat. Ini mengindikasikan pasangan tersebut saling mencari keintiman dan ingin menjaganya, tanpa saling mengekang. Namun, jika pelukan kaki ini hanya dilakukan satu orang, maka ada sedikit ketidakseimbangan dalam hubungan mereka.

5. Saling tengkurap

Selain ini posisi tidur paling tidak sehat, posisi saling tengkurap juga menandakan hilangnya rasa saling percaya di antara pasangan. Posisi saling tengkurap juga bisa menunjukkan kerapuhan rumah tangga lho, Moms.

6. Berubah-ubah

Posisi ini diawali dengan saling berpelukan dan perlahan terbuka pelukannya hingga masing-masing bisa tidur dengan posisi tidur ternyaman mereka. Ini lebih sehat daripada terus-menerus berpelukan sampai pagi. Setengah intim dan setengah bebas. Begitu juga dengan kehidupan rumah tangga mereka.

7. Bintang laut

Posisi tidur ini merentangkan kedua tangan dan kaki seperti bintang laut, yang membuat Anda bangun tidur lebih segar. Posisi ini juga bisa mengurangi sakit punggung, karena mendistribusikan berat badan dengan imbang, sehingga tulang punggung berada dalam posisi netral. Namun, posisi ini bisa menambah masalah mendengkur dan sleep apnea, dan jika dilakukan salah satu pasangan bisa mengindikasikan keegoisan.

Baca juga: 7 Gangguan Tidur yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)