Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Moms, Ini Penyebab Nyeri pada Payudara Sebelah Kiri Anda

Moms, Ini Penyebab Nyeri pada Payudara Sebelah Kiri Anda

Payudara terasa nyeri, bukan hanya pertanda adanya kanker, Moms. Kondisi ini juga bisa menjadi gejala penyakit lain, khususnya jika rasa nyeri tersebut muncul di payudara bagian kiri.

Perlu diketahui, bagian kiri tubuh di sekitar area payudara juga menjadi 'rumah' dari beberapa organ tubuh penting, termasuk jantung, pankreas, lambung, usus besar, paru-paru, hingga ginjal. Jadi, saat Moms merasakan nyeri pada payudara sebelah kiri, maka bisa jadi penyebabnya berhubungan dengan deretan organ vital tersebut.

Anda perlu memastikan tepatnya darimana asal rasa nyeri tersebut, apakah benar-benar dari payudara atau bagian bawah payudara. Beberapa penyebab payudara sebelah kiri terasa nyeri bisa bersifat ringan, tapi bisa juga kondisi tersebut menjadi gejala masalah yang lebih serius. Berikut adalah beberapa kemungkinan pemicu rasa nyeri pada payudara di bagian kiri.

1. Serangan Jantung

Walau tidak selalu, tapi rasa nyeri pada payudara sebelah kiri bisa menjadi pertanda Anda mengalami serangan jantung. Pasalnya, jantung memang terletak di area tersebut. Jika Anda mengalami rasa nyeri disertai gejala lain, seperti sesak napas, mual, muntah-muntah, rasa letih, dan rasa tidak nyaman muncul di lengan hingga menjalar hingga rahang, maka bisa jadi hal itu menjadi pertanda Anda mengalami serangan jantung. Segera minta pertolongan atau ke rumah sakit ketika Anda merasakan gejala-gejala tersebut.

2. Perikarditis

Perikarditis adalah peradangan pada perikardium (membran dua lapis yang mengelilingi bagian terluar jantung). Rasa nyeri akan datang pada bagian dada sebelah kiri jika membran yang teriritasi bersentuhan dengan jantung. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari penyakit autoimun, infeksi, serangan jantung, hingga cedera di dada. Gejalanya berupa rasa nyeri yang tajam di bagian dada.

Rasa sakitnya bisa semakin parah saat Anda sedang merebahkan tubuh, batuk, atau menelan makanan. Selain itu, rasa nyerinya dapat menyebar ke area punggung, bahu, dan leher. Mengingat perikarditis berdampak pada jantung, maka penyakit ini juga bisa menjadi penyebab payudara sebelah kiri terasa nyeri. Seperti halnya penyakit jantung, Anda juga perlu segera ke rumah sakit jika mengalami gejala-gejala penyakit perikarditis.

3. Precordial Catch Syndrome

Precordial catch syndrome atau PCS adalah rasa nyeri pada dada yang diakibatkan oleh terjepitnya saraf dinding dada. PCS lebih sering terjadi pada anak-anak atau remaja. PCS dapat diakibatkan karena postur tubuh yang kurang baik maupun cedera dada.

Walau gejalanya menyerupai serangan jantung, PCS dapat dikategorikan sebagai kondisi medis yang tidak serius dan bisa sembuh dengan sendirinya. Gejalanya bisa berupa rasa nyeri di bagian dada kiri, rasa nyeri yang semakin parah ketika bernapas, hingga demam. Biasanya, dokter hanya akan memberikan obat pereda nyeri guna mengatasi masalah ini.

4. Pleurisi

Pleurisi atau pleuritis adalah kondisi medis yang disebabkan oleh peradangan membran yang melindungi paru-paru dan lapisan rongga dada. Kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus, seperti flu atau pneumonia.

Gejalanya cukup bervariasi, mulai dari munculnya rasa nyeri saat bernapas hingga napas yang terengah-engah. Pleurisi juga bisa menjadi penyebab Anda merasakan nyeri pada payudara sebelah kiri. Segera periksakan ke dokter jika rasa nyeri tak kunjung hilang atau bertambah parah.

5. Costochondritis

Costochondritis adalah peradangan pada tulang rawan yang menyambungkan tulang rusuk ke tulang dada. Pada umumnya, masalah ini dialami oleh wanita, khususnya yang berusia 40 tahun ke atas. Payudara sebelah kiri terasa nyeri bisa menjadi salah satu gejala costochondritis yang sering terjadi.

Sebagai catatan, costochondritis bisa terjadi akibat cedera tulang rusuk, sering mengangkat benda berat, hingga radang sendi. Rasa nyeri yang diakibatkan costochondritis akan semakin terasa saat Anda batuk atau bersin. Biasanya, dokter akan memberikan resep obat pereda nyeri atau steroid guna mengatasi masalah ini.

6. Gastritis

Penyebab payudara sebelah kiri nyeri bisa juga dipicu oleh masalah pada lambung. Saat lambung mengalami peradangan akibat makanan pedas atau konsumsi alkohol yang berlebihan, maka rasa sakit bisa muncul. Gejala gastritis bisa berupa mual, muntah, merasa kembung, hingga nyeri pada bagian kiri atas tubuh.

7. Heartburn (Nyeri Ulu Hati)

Ketika asam lambung mulai mengikis lapisan kerongkongan, maka Anda akan merasakan adanya sensasi seperti terbakar dan nyeri di tenggorokan serta bagian dada sebelah kiri. Hal ini kerap disalahartikan sebagai gejala serangan jantung.

8. Pankreatitis

Pankreatitis merupakan peradangan pada pankreas. Pada umumnya, pankreatitis akut dapat menyebabkan bagian bawah payudara kiri terasa nyeri. Selain itu, pankreatitis akut juga bisa menyebabkan rasa mual, muntah, dan demam.

Meski tidak selalu menjadi pertanda penyakit berat, rasa nyeri di bagian kiri payudara tetap perlu diwaspadai. Anda sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter apabila rasa nyeri tersebut tak tertahankan, berlangsung lama, memicu demam, mual, dan muntah. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)