Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Menciptakan Tidur Nyenyak

Tips Menciptakan Tidur Nyenyak

Anak-anak selalu rewel dan menolak saat disuruh tidur, sementara orang dewasa mengeluhkan kurangnya waktu tidur dalam keseharian mereka. Masalahnya, dengan waktu tidur tidak sebanyak anak-anak, orang dewasa kerap kesulitan mendapatkan tidur nyenyak di malam hari. Berikut tips untuk mengatur rutinitas tidur supaya Anda mendapatkan tidur malam yang berkualitas dan kembali segar saat bangun di pagi hari dilansir melalui Mayoclinic.

 

1. Berusahalah untuk rileks
Mandi air hangat setelah menyelesaikan aktivitas seharian dapat membantu Anda bersiap untuk tidur. Meminta pasangan untuk memijat Anda juga mampu membuat tubuh menjadi rileks. Selain itu, Anda pun bisa menciptakan beberapa ritual relaksasi sebelum tidur, seperti membaca, mendengarkan musik yang pelan, mengatur pernapasan, yoga, atau berdoa

 

2. Buat tempat tidur senyaman mungkin
Memiliki bantal dan tempat tidur yang nyaman bisa meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Secara umum, jenis bantal busa kontur dan polyester lebih baik dari bantal berbahan bulu atau busa biasa. Namun, tetap sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Begitu pun dengan tempat tidur, cobalah beberapa pilihan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

 

3. Ciptakan area tidur yang menenangkan
Tutup pintu kamar tidur dan redam benda-benda yang cukup bising di dalam ruangan kamar Anda, seperti suara kipas angin, untuk membantu tidur dengan nyenyak. Buat temperatur kamar tidur menjadi nyaman serta gelapkan ruangan. Jangan taruh komputer atau televisi di dalam kamar tidur.

 

4. Sembunyikan jam
Setel alarm sesuai dengan waktu yang Anda inginkan untuk bangun, namun langsung jauhkan seluruh jam yang Anda miliki, termasuk jam tangan dan ponsel. Anda akan tidur lebih nyaman jika tidak ada jam di sekitar Anda.

 

5. Jangan berada di tempat tidur bila tidak tidur
Tempat tidur adalah tempat untuk Anda beristirahat. Jadi saat Anda bangun, segeralah beraktivitas di ruangan lain. Jika Anda masih ingin berada di tempat tidur, usahakan agar tidak lebih dari 20 menit agar Anda tetap semangat untuk menjalankan aktivitas. (Sagar/DC/Dok. M&B)