Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Moms, Ini Efek Samping Makan Menu Pedas saat Anda Hamil

Moms, Ini Efek Samping Makan Menu Pedas saat Anda Hamil

Moms mungkin termasuk golongan pecinta makanan pedas. Rasanya belum puas kalau belum mengonsumsi menu dengan rasa yang membuat mata menjadi melek ini. Mulai dari makan dengan sambal tradisional, saus sambal botolan, hingga langsung menggigit cabainya, semua sudah bisa menambah rasa makanan jadi lebih nikmat untuk disantap.

Namun, bagaimana jika Anda tengah hamil? Apakah kegemaran Anda akan makanan pedas boleh tetap berlanjut selama menjalani masa kehamilan atau haruskah kebiasaan tersebut distop terlebih dahulu untuk menjaga kesehatan Anda dan janin dalam kandungan?

Sebenarnya, para pakar sepakat bahwa ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan pedas dan hal tersebut tidak akan menyakiti janin di dalam rahim. Namun, ada baiknya jika Anda tidak berlebihan saat mengonsumsi menu pedas agar tidak memicu masalah kesehatan yang bisa mengganggu kehamilan.

Berikut ini beberapa efek samping yang kemungkinan akan Anda alami jika berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas saat hamil, Moms.

Baca juga: Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas?

1. Morning sickness

Rasa mual di masa kehamilan memang wajar terjadi yang dikenal dengan istilah morning sickness. Kondisi ini bisa semakin parah, khususnya pada beberapa bumil, akibat mengonsumsi makanan pedas dengan porsi yang berlebihan.

2. Heartburn

Bumil juga mungkin familiar dengan heartburn, yaitu sensasi seperti terbakar di sekitar area perut bagian atas atau dada bagian bawah yang menjalar ke kerongkongan. Menu makanan yang pedas akan meningkatkan risiko kondisi tersebut yang tentu saja bisa menimbulkan rasa tidak nyaman setelahnya.

3. Perut mulas

Setelah mengonsumsi makanan pedas, beberapa orang memang bisa merasakan mulas di perut. Kondisi ini pun bisa dialami bumil hingga menimbulkan rasa tidak nyaman, walaupun sebenarnya tidak berkaitan dengan situasi di rahim Anda.

4. GERD (Gastroesophageal reflux disease)

Kondisi GERD sebenarnya bisa terjadi pada Anda yang sudah punya riwayat penyakit lambung sebelum hamil. Dan kondisi ini pun bisa terpicu jika bumil mengonsumsi makanan pedas, hingga menimbulkan nyeri di dada serta rasa mual dan muntah yang berlebihan.

Baca juga: Makanan Pedas, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!

5. Diare

Makanan pedas memang identik dan berkaitan dengan sistem pencernaan. Jika terjadi diare, maka masalah ini bisa menyebabkan risiko dehidrasi pada bumil. Bahkan volume air ketuban menjadi berkurang, perkembangan janin terganggu, hingga yang paling berbahaya, yaitu berisiko keguguran.

Karena itu, untuk mencegah gangguan kesehatan tersebut, ada baiknya Moms mengontrol porsi menu makanan pedas yang ingin Anda nikmati. Pastikan juga selalu terhidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, terutama setelah mengonsumsi makanan pedas.

Apabila kemudian Anda merasakan sakit atau tidak nyaman akibat berlebihan mengonsumsi makanan pedas, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menerima penanganan yang tepat, sehingga masalah tersebut tidak akan memengaruhi kondisi kesehatan Anda dan janin di dalam rahim. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)