Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Makanan Pedas, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!

Makanan Pedas, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!

Moms, apakah Anda termasuk penggemar makanan pedas? Ya, banyak orang menyukai makanan pedas, tapi tidak sedikit pula yang tidak tahan dengan makanan pedas, karena sensasi pedas yang ditimbulkan di mulut atau karena bisa menimbulkan risiko sakit di pencernaannya.

Meski sering dianggap sebelah mata, mengonsumsi makanan pedas ternyata punya manfaat baik buat tubuh lho, Moms! Namun, memang perlu juga diingat bahwa tidak baik terlalu sering memakan makanan yang memiliki rasa pedas karena ada efek samping buat tubuh kita. Yuk, ketahui apa saja manfaat dan efek samping mengonsumsi makanan pedas bagi kesehatan!

Baca juga: Balita Suka Makan Pedas, Bahayakah?

Manfaat makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas bisa memberikan manfaat buat tubuh Anda, Moms. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi makanan pedas.

1. Menurunkan berat badan

Moms, ternyata mengonsumsi makanan pedas bisa menurunkan berat badan, lho! Kandungan senyawa capsaicin pada cabai dapat meningkatkan temperatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuh Anda bisa lebih cepat terbakar. Alhasil, dengan mengonsumsi makanan pedas, berat badan pun akan lebih cepat turun.

2. Sehat untuk jantung

Konsumsi makanan pedas juga bisa memberi manfaat terhadap kesehatan jantung Anda, Moms! Kandungan nutrisi pada cabai dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Nah kandungan capsaicin dalam cabai tersebut terbukti efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Makanan pedas ternyata juga bisa meningkatkan imunitas tubuh dan melindungi sistem kekebalan tubuh dari penyakit yang menyerang. Makanan pedas seperti cabai dan paprika terkenal dengan kandungan vitamin C dan vitamin A yang sangat tinggi dan merupakan zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Baca juga: Cara Menyimpan Cabai agar Awet Hingga Tiga Bulan

Efek samping Makanan Pedas

Kendati memberikan sejumlah manfaat, terlalu berlebihan mengonsumsi makanan pedas juga bisa membawa efek negatif pada tubuh Anda, seperti berikut ini, Moms.

1. Refluks ssam dan GERD

Makanan pedas bisa memicu refluks asam yang merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa panas seperti terbakar di saluran kerongkongan. Refluks asam ini bisa memicu sindrom Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), luka pada kerongkongan (esofagitis), maag, juga atypical syndrome.

2. Mulas

Makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang bisa mempermudah terjadinya diare. Saat makanan pedas sampai di usus besar, efek iritasinya akan langsung terasa. Kemudian, tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus, sehingga memudahkan feses untuk keluar dari usus besar.

3. Insomnia

Moms, ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat dan berkeringat. Sebuah penelitian yang diterbitkan di The International Journal of Psychology menyebutkan bahwa bahaya makanan pedas bisa melukai perut dan mengaktifkan hormon kimia yang bisa membuat Anda terjaga di malam hari dan membuat Anda jadi sulit tidur atau mengalami insomnia. (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)